Usia Pembalap Formula One Minimal 18 Tahun  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 7 Januari 2015 02:57 WIB
Pembalap F1 Max Verstappen. REUTERS/Toru Hanai

TEMPO.CO, Paris - Federasi Otomotif Internasional menetapkan usia pengemudi yang berpartisipasi dalam balapan Formula One (F1) minimal 18 tahun. Aturan itu akan diberlakukan mulai 2016. Syarat itu diumumkan FIA, Selasa, 6 Januari 2014, menyusul aksi tim F1, Toro Rosso, yang mengontrak Max Verstappen, pembalap berusia 17 tahun, untuk ikut balapan F1 tahun ini.

FIA mengeluarkan aturan itu untuk mencegah pembalap yang minim pengalaman ikut balapan level tinggi seperti F1. Untuk mendapatkan lisensi F1, para pembalap muda diharuskan mengumpulkan poin dari ajang balapan lain selama tiga tahun, menyelesaikan minimal 80 persen dalam dua musim balapan kategori junior, dan memegang surat izin mengemudi resmi di jalan raya.

Seluruh aturan itu akan berlaku pada 2016. "Pengemudi akan dinilai oleh FIA dengan menunjukkan kemampuan luar biasa untuk mengemudi mobil formula kursi tunggal," kata FIA, seperti ditulis Associated Press, 6 Januari 2015.

Max Verstappen menjadi pembalap termuda yang ikut F1. Tahun lalu, pembalap asal Belanda itu menyetir mobil Toro Rosso dalam sesi latihan di Grand Prix Jepang. Saat itu dia baru tiga hari melewati hari ulang tahunnya yang ke-17.

Max adalah putera Jos Verstappen, pembalap yang berpartisipasi dalam 106 balapan F1 pada 1994-2002. Usia Max saat berpartisipasi di F1 dua tahun lebih muda daripada pemegang rekor pembalap termuda, Jaime Alguersuari. Alguersuari baru berusia 19 tahun 125 hari saat ikut balapan F1 di Hungaria pada 2009.

Dengan sistem baru, para pengemudi harus memenuhi tuntutan regulasi F1. Tim balap juga harus membuktikan bahwa pembalap mereka telah menempuh jarak minimal 300 kilometer mengemudikan mobil Formula One secara konsisten dengan kecepatan tinggi dalam periode maksimal dua hari.

Dalam syarat FIA, para pengemudi muda harus mengumpulkan 40 poin hanya di lima kejuaraan, yaitu IndyCar, World Endurance Championship, F3 European Championship, GP2 Series, dan Future Formula 2, untuk mendapatkan lisensi super F1.

Verstappen tahun lalu cuma menempati peringkat ketiga kejuaraan F3. Dengan prestasi itu, seharusnya Verstappen belum layak mendapat lisensi super F1, bahkan jika dia sudah berusia 18 tahun.

Walau berhasil mendapatkan lisensi super, pembalap muda tidak otomatis bisa ikut balapan F1. Para pembalap baru, menurut FIA, akan ditempatkan dalam masa percobaan 12 bulan dengan menggunakan lisensi super sementara dan mengikuti penilaian.

Daftar pembalap termuda saat masuk F1

Jaime Alguersuari (Spanyol) - 19 tahun 125 hariMike Thackwell (Selandia Baru) - 19 tahun 182 hariRicardo Rodriguez (Meksiko) -  19 tahun 208 hariFernando Alonso (Spanyol) - 19 tahun 218 hariEsteban Tuero (Argentina) - 19 tahun 320 hariChris Amon (Selandia Baru) - 19 tahun 324 hariDaniil Kvyat (Rusia) - 19 tahun 324 hari Sebastian Vettel (Jerman) - 19 tahun 349 hariEdward Cheever (Amerika) - 20 tahun 53 hariJenson Button (Inggris) - 20 tahun 53 hari

AP | DAILYMAIL | GABRIEL WAHYU TITIYOGA

Terpopuler:Aksi Messi Ini Munculkan Isu Kepindahan ke Chelsea  Absen dari Sesi Latihan Barca, Messi Minta MaafMU Dapat Lawan Mudah pada Babak Keempat Piala FAApa Kata Gerrard Setelah Jadi Pahlawan Liverpool?  Andik Tak Diturunkan Selangor FC, Ini Penyebabnya  Barca Pecat Zubizarreta, Puyol MundurBarcelona Diterpa Krisis, Ini Tiga Indikasinya  

#F1
#F1
#Max Verstappen

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi