Chevrolet Bolt, Apa Saja Fitur Canggihnya?  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Selasa, 13 Januari 2015 15:48 WIB
Mobil konsep Chevrolet Bolt EV electric dipamerkan dalam North American International Auto Show di Detroit, 12 Januari 2015. AP Photo

TEMPO.CO, Detroit - General Motors memperkenalkan mobil listrik murah Chevrolet Bolt dalam ajang North American International Motor Show (NAIAS) 2015 di Detroit, Amerika Serikat, pada Senin, 12 Januari 2015. Mobil ini bakal menggebrak pasar dengan harga jual relatif murah, yakni US$ 30 ribu atau sekitar Rp 377,8 juta.

Menurut Vice President General Motors Ed Welburn, Chevolet Bolt dirancang dengan konsep crossover. Bentuk mobil listrik ini mendekati tipe city car atau mini-hatchback, mirip Chevrolet Spark yang dipasarkan di Indonesia. "Proporsi bentuknya unik, ramping, efisien, dan sangat mencerminkan desain Chevrolet," kata Welburn melalui keterangan tertulis. (Baca juga: Telkomsel Kucurkan Rp 1,5 Miliar untuk Bus Listrik)

Karena hampir tidak ada sudut yang rendah (overhang), Chevrolet Bolt memiliki ruang kabin yang lumayan luas di kelasnya. Mobil ini bisa memuat empat penumpang, mungkin lima jika ditambah anak-anak. Ada atap kaca (panoramic roof) yang membuat visibilitas terasa lebih lebar.

Demi menggenjot mobilitas dan efisiensi energi, General Motors menggunakan material ringan pada Chevrolet Bolt. Bahan yang dipakai antara lain aluminium, magnesium, dan serat karbon. Material ini didukung dengan peranti khusus seperti lubang angin di fender belakang yang membuat laju mobil lebih stabil. (Baca: IEMC 2014, Kompetisi Mobil Irit Bahan Bakar)

Pada dashboard, General Motors memasang panel layar sentuh 10 inci dengan fitur antarmuka dan apps khas dari Chevroley. Sistem ini terintegrasi dengan gadget, sehingga memungkinkan pengemudi berkomunikasi selama perjalanan. Pengemudi juga bisa menggunakan gadget-nya untuk mengunci atau menyalakan mobil.

Yang lebih canggih, Chevrolet Bolt dilengkapi fitur cerdas seperti parkir otomatis. Pengemudi bisa menyetel mobil untuk menuju lokasi parkir yang telah ditentukan melalui pemandu arah berbasis satelit (GPS). Layaknya layanan valet parking, Chevrolet Bolt juga bisa dipanggil dari tempat parkir menuju tempat si pengemudi berada.

Sekali pengisian baterai, Chevrolet Bolt bisa menempuh jarak 200 mil. Dengan fitur canggih tersebut, harga yang ditawarkan lumayan murah. (Baca: Kembangkan Mobil Listrik, Rp 76 Miliar Dikucurkan)

FERY F.

Berita TerpopulerPemeran Mahar Film Laskar Pelangi Meninggal di KosJawaban Jokowi Soal Pilih Budi Gunawan tanpa KPK  Kesaksian Teman Mahar Laskar Pelangi Sebelum Tewas

#Mobil Listrik
#Chevrolet

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi