Tes Pramusim, Mobil Ferrari dan Red Bull Alami Kemajuan  
Reporter: Tempo.co
Editor: A. Aditya Budiman
Jumat, 20 Februari 2015 18:25 WIB
Pembalap Ferrari Formula 1, Kimi Raikkonen dari Finlandia dan pembalap Italia, Giancarlo Fisichella pada Belgia Formula Satu Grand Prix di sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia, Minggu (30/8). AP Photo/Luca Bruno

TEMPO.CO, Barcelona - Dua peserta lomba balap Formula 1, Ferrari dan Red Bull Racing, mengklaim tengah mengalami kemajuan dalam uji coba pramusim yang berjalan di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Kamis kemarin. Pembalap Ferrari, Kimi Raikkonen, mengatakan kinerja mesin SF15-T terasa lebih baik dibanding musim sebelumnya. Dia cukup puas setelah menghabiskan 74 putaran dan mencatatkan waktu tercepat 1 menit 25,167 detik, kedua di bawah pembalap Lotus Mercedes, Pastor Maldonado.  

"Ini tidak berbeda dengan di Jerez (tes pramusim pertama). Saya juga tidak tahu seberapa banyak pembalap lain mengisi bahan bakar mereka," kata Raikkonen. Di sisi lain, ketika pembalap asal Finlandia itu memilih menggunakan jenis ban medium, pembalap lain malah memakai jenis soft compound. Kapasitas bahan bakar dan jenis ban punya peran penting dalam menentukan kecepatan mobil pembalap. 

Juara dunia F1 pada 2007 itu menyatakan terlalu dini untuk puas dengan hasil tes pramusim ini. Menurut Raikkonen, yang terpenting, semua kru telah menemukan perubahan di mesin Ferrari yang baru ini. "Mereka membuat mobil menjadi lebih menyenangkan," ucapnya. 

Rasa optimistis juga terpancar dari pembalap Red Bull Racing, Daniel Ricciardo. Kendati kinerja mobilnya belum sesuai dengan harapannya, rasa percaya diri Ricciardo makin bertambah. "Saya merasa lebih baik. Saya pikir ada kemajuan dari mobil ini," ujarnya. 

Catatan waktu Ricciardo selisih tidak terlalu jauh dengan Raikkonen. Ia menempati urutan tercepat ketiga dengan catatan waktu 1 menit 25,547 detik dan melahap 59 putaran. "Sebagai langkah awal, mesin RB11 sudah punya modal yang bagus. Kami tinggal terus mengembangkannya," tuturnya. 

Musim lalu, penampilan tim Red Bull anjlok. Setelah selama empat musim Red Bull mendominasi F1, tahun lalu, Ricciardo dan Sebastian Vettel harus puas membawa tim itu ke peringkat dua di bawah Mercedes. Sedangkan Ferrari duduk di posisi keempat.  

Sirkuit Albert Park, Australia, akan menjadi seri pembuka lomba balap F1 musim ini. Balapan digelar pada 15 Maret mendatang. Sebanyak 20 seri mesti dilewati para pembalap. Sirkuit Yas Marina di Abu Dhabi menjadi seri penutup pada 29 November nanti.

CRASH | ADITYA BUDIMAN  

#F1
#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi