Rio Haryanto Juarai Sprint Race GP2 Bahrain
Reporter: Tempo.co
Editor: Gadi kurniawan makitan tnr
Minggu, 19 April 2015 20:51 WIB
Pembalap GP2 Indonesia, Rio Haryanto (tengah) berpose bersama, Pembalap asal Belgia, Stoffel Vandoorne dan pembalap asal Perancis, Nathanael Berthon di atas podium dalam penyerahan tropy usai berlangsungnya ajang balap formula GP2 di sirkuit Bahrain, 19 April 2015. Istimewa

TEMPO.CO, Sakhir - Pembalap Indonesia Rio Haryanto akhirnya berhasil meraih podium tertinggi pertamanya selama berkarir di GP2, ajang balap mobil selevel di bawah Formula 1. Dia finis terdepan dalam sprint race babak pertama GP2 musim 2015 di Sirkuit Internasional Bahrain di Sakhir, Ahad, 19 April 2015.

Sebagaimana dilaporkan dalam situs resmi GP2 Series, Rio memulai balapan dari posisi ketujuh. Ia berhasil merangkak hingga mendapat posisi ketiga. Ia menyalip pembalap Mitch Evans untuk merebut posisi kedua. Setelah itu, Rio melewati pembalap Kolombia, Julian Leal, untuk mendapatkan posisi pertama.

Rio pun mempertahankannya hingga balapan berakhir, kendati pembalap Belgia, Stoffel Vandoorne, berusaha mendekatinya. Rio finis dengan selisih tiga detik di depan Vandoorne. Sementara tempat ketiga ditempati pembalap Prancis, Nathanael Berthon

Di sesi feature race Sabtu lalu, Rio merebut posisi kedua. Dengan kedua hasil tersebut, Rio mendapatkan total 33 poin, 18 poin dari feature race dan 15 poin dari sprint race. Poin ini membuat Rio duduk di posisi kedua klasmen sementara di bawah Vandoorne, yang mengoleksi total 43 poin.

Vandoorne mendapat keuntungan poin besar lantaran selain menjuarai feature race Sabtu lalu, dia juga mendapatkan tambahan poin karena berada di pole position dan mencetak putaran tercepat di feature race. "Saya menjalani start yang sangat baik dari posisi ketujuh tanpa wheelspin dan berhasil menyalip empat mobil," tutur Rio dalam rilisnya.

"Mobil terasa sangat kompetitif dan memiliki setelan yang bagus dengan satu set ban prime baru. saya pun sangat percaya diri untuk menyalip dengan teknik late-braking dan langsung memimpin di putaran-putaran awal."

Rio bertutur, dia harus menjaga umur ban dan itulah yang membuatnya berhasil menjaga jarak untuk juara pertama. "Terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah memberi dukungan bagi saya," ujar pembalap yang bergabung dengan tim Campos Racing ini. "Semoga ini menjadi awal yang baik di musim ini."

GADI MAKITAN

#F1
#Rio Haryanto

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi