Salah Strategi Bikin Hamilton Kalah di Monako
Reporter: Tempo.co
Editor: Yocta Nurrahman
Senin, 25 Mei 2015 09:42 WIB
Menempati juara ketiga, Lewis Hamilton tertunduk saat menaiki podium bersama rekan satu timnya, Nico Rosberg yang berhasil keluar sebagai juara dalam F1 GP Monaco, 24 Mei 2015. AP Photo

TEMPO.COJakarta - Mercedes meminta maaf kepada Lewis Hamilton soal kesalahan strategi yang membuat juara bertahan Formula 1 dunia itu gagal menjuarai Grand Prix Monako pada Minggu waktu setempat, 24 Mei 2015.

Hamilton melaju menuju kemenangan keduanya di jalanan Principality sampai tabrakan yang melibatkan Max Verstappen dan Romain Grosjean pada lap 64, yang membawa keluar mobil penyelamat.

Selanjutnya, meski tinggal 14 lap tersisa dalam balapan itu, Hamilton diminta masuk pitstop untuk mengganti ban superlunak baru. Dia muncul tidak hanya di belakang Nico Rosberg, tapi juga Sebastian Vettel dalam Ferrari-nya.

Meski keduanya masih menggunakan ban lama dan dingin saat mobil penyelamat menarik mobil dengan delapan lap tersisa, tak ada jalan bagi Hamilton untuk melewatinya dengan ban yang baru.

Ketika ditanya apa yang terjadi di sana, bos Mercedes Motorsport Toto Wolff menjawab: "Apa yang terjadi di sana? Itu adalah pertanyaan yang tepat."

"Jawaban sederhananya, kita punya matematika-nya, perhitungannya salah," katanya seperti dilansir laman Autosports, Senin, 25 Mei 2015. "Kami pikir kami punya selisih waktu yang jadi tidak kami miliki ketika mobil penyelamat keluar, dan Lewis di belakang mobil penyelamat."

Ia mengatakan perhitungan yang salah membuat semua itu terjadi. "Di Monako tidak bisa menggunakan GPS, dan itu membuat seluruh latihan menjadi lebih sulit," ujar Wolff. "Saya menghampirinya di kerumunan, saya bilang 'maaf untuk hal yang satu itu, itu kesalahan tim'."

Pada balapan ini, Hamilton menduduki posisi ketiga setelah start dari posisi terdepan. Sedangkan Nico Rosberg secara mengejutkan meraih kemenangan pada Grand Prix Monako disusul pembalap Ferrari, Sebastian Vettel.

ANTARA

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi