Indomobil Finance Raih Kredit Sindikasi US$ 300 juta  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Jumat, 3 Juli 2015 23:34 WIB
HSBC

TEMPO.CO, Jakarta - PT Indomobil Finance Indonesia (IMFI) kembali memperoleh pinjaman sindikasi dari berbagai bank internasional. Melalui keterangan tertulis, CEO IMFi, Gunawan, mengatakan pinjaman senilai US$ 300 juta tersebut merupakan kredit sindikasi keenam yang diperoleh perseroan.

Sebelumnya, pada 2006, IMFI mendapatkan pinjaman sindikasi US$ 60 juta, US$ 75 juta tahun 2011 dan 2012, US$ 126 juta tahun 2013 serta US$ 172,5 juta pada 2014. "Pinjaman sindikasi kali ini membanggakan, mengingat jumlahnya oversubscribed tiga kali lipat dari jumlah awal yang ditawarkan," kata Gunawan.

Pada awalnya, pinjaman sindikasi ini diluncurkan melalui Greenshoe Option sebesar US$ 100 juta. Tenyata, kata Gunawan, penawaran tersebut mendapatkan respons yang baik dari kreditur sehingga total komitmennya naik tiga kali lipat. Dari sisi perolehan, pinjaman kali ini menjadi yang terbesar bagi IMFI. Ada 24 bank yang memberi pinjaman dan berasal dari 7 negara yakni Taiwan, Jepang, Filipina, Singapura, India, Amerika Serikat dan Hongkong.

Untuk mendukung pendanaan ini, IMFI menunjuk Oversea-Chinese Banking Corporation Limited, CTBC Bank Co.,Ltd, dan Mizuho Bank, Ltd. sebagai Original Mandated Lead Arranger dan Bookrunners. Bertindak sebagai Facility Agent adalah CTBC Bank Co., Ltd., sedangkan PT Bank CTBC Indonesia bertindak selaku Security Agent.

Gunawan mengatakan, dana yang diperoleh dari pinjaman sindikasi ini akan digunakan untuk mendukung bisnis pembiayaan kendaraan dan alat berat setahun ke depan. IMFI pun akan melaksanakan kegiatan lindung nilai (hedging) atas pinjaman sindikasi tersebut dalam rangka memitigasi risiko atas nilai tukar dan fluktuasi suku bunga.

FERY F

#Penjualan Mobil
#PT Indomobil Finance Indonesia

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi