Hamilton Teteskan Air Mata Jelang Finis di Silverstone  
Reporter: Tempo.co
Editor: Nurdin Saleh TNR
Senin, 6 Juli 2015 08:05 WIB
Pembalap Formula 1 tim Mercedes, Lewis Hamilton menyapa para pewarta foto dan penggemarnya usai keluar sebagai juara di Grand Prix Formula 1 Silverstone di Inggris, 5 Juli 2015. Ap Photo

TEMPO.CO, Jakarta - Lewis Hamilton memenangi Grand Prix Britania di Sirkuit Silverstone, Inggris, pada Ahad waktu setempat. Kemenangan di kandang sendiri itu sekaligus memperbesar keunggulannya di klasemen umum atas rekan setimnya di Mercedes, Nico Rosberg, yang finis kedua.

Kemenangan itu lebih spesial karena diraih di hadapan 140 ribu pendukungnya sendiri. "Sekarang mari kita berpesta!" seru Hamilton dari atas podium sambil mengacungkan sampanye yang baru diterimanya.

Hamilton mengakui besarnya dukungan penonton membuat ia sangat terpesona sekaligus terharu. Ia juga gembira karena akhirnya bisa memuaskan mereka dengan gelar juara. "Semuanya terasa tak nyata. Saya harus mencubit diri sendiri," kata dia. "Ini hari yang luar biasa. Saya biasanya jarang menangis, tapi pada lap terakhir, dalam beberapa lap terakhir, saya pikir mata saya basah."

Dalam lomba itu Hamilton unggul sepuluh detik atas Rosberg. Hasil itu membuat dia tetap kukuh dalam klasemen umum pembalap dengan 194 angka atau unggul 10 angka atas Rosberg.

Ini merupakan kemenangan ketiganya pada balap di kampung halamannya, kemenangan kelimanya tahun ini, dan kemenangan ke-38 dalam kariernya.

Juara empat kali Vettel mengambil keuntungan penuh dari perubahan kondisi-kondisi dengan menyamai catatan waktu di pit stop untuk mengganti ke ban intermediate untuk finis di posisi ketiga.

Pebalap Brasil Felipe Massa, yang memimpin dari start sampai lap ke-20, mengakhiri balap dengan menduduki posisi keempat dengan mengungguli rekan setimnya di Williams Valtteri Bottas asal Finlandia, pebalap Rusia Daniil Kvyat dari Red Bull, dan pebalap Jerman Nico Hulkenberg, yang finis di posisi ketujuh untuk Force India.

Pebalap asal Finlandia Kimi Raikkonen berada di urutan kedelapan untuk Ferrari setelah masuk pit lebih awal untuk mengganti ban intermediate yang gagal menuai hasil, mengungguli pebalap Meksiko Sergio Perez pada Force India kedua, dan juara dunia dua kali asal Spanyol Fernando Alonso yang meraih nilai pertamanya di tahun ini dengan finis di posisi kesepuluh untuk tim McLaren Honda yang tengah terpuruk.

Balap sempat diintervensi safety car pada putaran pembuka setelah tabrakan beruntun yang menyingkirkan kedua mobil Lotus dan rekan setim Alonso asal Britania, Jenson Button.

ANTARA | GUARDIAN | NS

#F1
#Lewis Hamilton

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi