GIIAS 2015, Adiputro Pamer Bus Mercy Plus Mini Bar  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Selasa, 25 Agustus 2015 13:18 WIB
Wakil Presiden Jusuf Kalla melihat sebuah mobil yang ikut dipamerkan di Gakindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) di Tangerang Selatan, 20 Agustus 2015. Sebanyak 34 merk kendaraan dan 351 peserta turut berpartisipasi dalam pameran GIIAS 2015. TEMPO/Marifka Wahyu Hidayat

TEMPO.CO, Tangerang - Selain mobil penumpang dan supercar canggih, pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 juga menampilkan sejumlah kendaraan unik. Salah satunya bus dua tingkat dari perusahaan karoseri PT Adiputro Wirasejati.

Ini bukan bus sembarangan. Adiputro memodifikasi Jetbus The New Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 dua tingkat ini menjadi semacam karavan dengan beragam fasilitas mewah. Di tingkat satu, terdapat minibar dengan delapan kursi. Sedangkan di lantai 2 ada ruangan berisi 54 kursi penumpang yang masing-masing dilengkapi televisi berlayar datar.

Pegawai marketing Adiputro, Han Han, menuturkan bus Mercedes ini dirakit di Malang. Setelah satu hari mejeng di GIIAS 2015, mobil ini dibeli perusahaan transportasi rute Medan-Aceh, Simpati Star. "Harganya Rp 3,4 miliar off the road," ucapnya kepada Tempo di Hall 3 Indonesia Convention Exhibition, Tangerang, Selasa, 25 Agustus 2015.

Menurut Han Han, bus ini menggunakan mesin Mercedes 2542 dengan kapasitas silinder 12 ribu cc berkekuatan 420 tenaga kuda. Bus ini, ujar dia, cocok untuk bisnis pariwisata dan transportasi massal. "Tapi tidak bisa melaju di jalan jelek," katanya. Adiputro pun siap melayani pemesanan bus sejenis atau sesuai dengan permintaan konsumen. "Untuk merakit bus semacam ini diperlukan waktu tiga-empat bulan," tutur Han Han.

HUSSEIN ABRI YUSUF

#Mercedes Benz

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi