Tampil di GP2 Italia, Rio Haryanto Incar Podium Juara
Reporter: Tempo.co
Editor: Rina Widisatuti
Sabtu, 5 September 2015 07:41 WIB
Rio Haryanto menjuarai GP2 Series di Sirkuit Silverstone, Inggris, 5 Juli 2015. ANTARA/HO/Paolo Pellegegrini

TEMPO.CO, Monza - Pembalap Indonesia Rio Haryanto mengincar podium juara saat tampil di lomba balap feature race Grand Prix 2 Italia, di Sirkuit Autodromo Nazionale Monza, Sabtu, 5 September 2015. Ia melihat peluangnya untuk bisa naik podium terbuka lebar, apalagiia akan memulai start dari posisi 6 atau di baris ketiga.

Berita MenarikDibunuh di Kota Wisata: Karena Nurdin Kesal Nungki Main HPAlumnus UI Tewas, Jejak Kaki di Balkon Ungkap Kejanggalan

"Race pertama esok hari (hari ini) membutuhkan strategi pit stop yang tepat dan saya menargetkan finis di podium. Peluang menyalip di Monza sangat terbuka lebar. Saya akan berjuang sekuat tenaga supaya 'Indonesia Raya' dapat berkumandang di Italia," ujar pembalap Campos Racing ini dalam keterangan media yang diterima Tempo, Jumat malam, 4 September 2015.

Rio berhasil mendapatkan posisi keenam setelah berhasil mencatat waktu tercepat keenam di babak kualifikasi yang berlangsung sangat ketat. Sebanyak 16 pembalap teratas hanya berjarak kurang dari satu detik. Rio mencatat waktu terbaik 1:31,898 atau berjarak 0,626 detik dari Pierre Gasly yang berhasil merebut pole posisi. Rekan setimnya, Arthur Pic dari Perancis, menempati posisi grid ke-7.

Sesi kualifikasi dijalani Rio tanpa ada masalah yang berarti. Dengan melihat kesiapan mobilnya, peluang untuk menyodok ke posisi teratas saat balapan masih terbuka. Apalagi ruang untuk menyalit banyak tersedia di sirkuit Monza meski tanpa bantuan Drag Reduction System.

Komjen Buwas DicopotPencopotan Waseso, Luhut: Prajurit Tak Boleh Ancam Atasan Kapolri: Buwas Mau Dicopot Saat Adu Mulut dengan Buya Syafii

"Babak kualifikasi kembali berlangsung ketat, di mana 16 posisi teratas hanya berjarak kurang dari satu detik saja," kata Rio. "Secara keseluruhan, saya merasa cukup nyaman dengan kendali mobil pada hari Jumat," imbuhnya.

Pada sesi feature race ini, Rio akan bersaing dalam lomba balapan sepanjang 173,481 kilometer yaitu 30 putaran atau 60 menit. Sedangkan, untuk race kedua, sprint race pada Minggu, 6 September 2015, panjang balapan 121,344 kilometer yaitu 21 putaran atau 45 menit.

Saat ini Rio masih berada di posisi tiga teratas klasemen sementara dengan 109 poin. Puncak klasemen masih ditempati pembalap Jerman Stfel Vandoorne dari Art Grand Prix dengan 233 poin. Di urutan kedua dipegang pembalap Amerika Serikat Alexander Rossi dengan 128 poin. Namun, peringkat empat, pembalap Rusia Sergey Sirotkin berpeluang menggeser Rio karena poinnya saat ini sama, 109.

RINA WIDIASTUTI

Berita TerbaruCerita Komjen Anang Iskandar yang Larang Rambo Jadi Polisi Eksklusif, Budi Waseso: Saya Minta Pak JK Biarkan...

#F1
#Rio Haryanto

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi