Duo Premium Bertenaga 560 HP
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 9 September 2015 16:26 WIB
Duo Premium Bertenaga 560 HP

INFO OTOMOTIF - BMW Group Indonesia melansir dua mobil sekaligus, yakni all-new BMW X5 M dan all-new BMW X6 M. Keduanya diluncurkan dalam sebuah seremoni meriah di Ballroom Kempinski, Jakarta, Kamis 25 Juni 2015.

Presiden Direktur BMW Group Indonesia Karen Lim menegaskan, melalui dua model terbaru ini, BMW M ingin mendominasi segmen kendaraan performa tinggi Sports Activity Vehicle (SAV) dan Sport Activity Coupe (SAC). “X5 M dan X6 M menggabungkan fitur-fitur khas ragam kendaraan BMW X yang sukses dengan komitmen terhadap performa tinggi yang mendefinisikan sebuah kendaraan BMW M,” kata Karen.

X5 M sebagai kendaraan SAV hadir dengan potensi tenaga berlimpah khas kendaraan BMW M. Logo „M“ yang melekat mencerminkan kendaraan ini memiliki performa mesin kuat dan sporty. Model generasi kedua ini merupakan BMW M yang lengkap dengan fitur all-wheel drive. Sedangkan X6 M  merupakan perpaduan antara desain kendaraan coupe atletis dan DNA motorsport khas kendaraan BMW M. Gabungan teknologi kendaraan sport yang ekspresif dengan desain BMW X coupe.

Sebagai tenaga penggerak, dua model ini dibekali mesin BMW M TwinPower Turbo terbaru V8. Mesin ini diklaim memiliki sejumlah keunggulan di antaranya menghasilkan torsi lebih banyak, lebih bertenaga, dan suara (mesin) yang lebih baik. Mesin berkapasitas 4,4 liter V8 ini menghasilkan tenaga maksimum sebesar 575 HP pada 6.000-6.500 rpm. Ini merupakan peningkatan 20 hp dari pendahulunya.

Torsi puncak telah ditingkatkan menjadi 70 Nm dengan kenaikan 10 persen dibandingkan dengan generasi sebelumnya, sehingga torsi sebesar 750 Nm dapat dinikmati di kisaran rev yang luas antara 2.200 dan 5.000 rpm. Tenaga dahsyat ini disalurkan melalui transmisi BMW M Steptronic 8-percepatan dengan Drivelogic dan transmisi otomatis pertama dengan torque converter yang menyediakan opsi kecepatan rendah (low speed assistant).

Meskipun tenaga mesin dan torsi semakin meningkat, kedua kendaraan ini diklaim lebih efisien dalam hal penggunaan bahan bakar, yaitu 9 km per liter atau 20 persen lebih hemat. Emisi CO2 juga berkurang lebih dari 20 persen menjadi 258 g/km. Kedua model ini dapat berakselerasi dari 0 sampai 100 km per jam hanya dalam 4,2 detik dengan transmisi M Steptronic 8-percepatan dengan Drivelogic. Sedangkan kecepatan tertinggi dibatasi secara elektronik sampai 250 km per jam.

Menariknya, X5 M dan X6 M dilengkapi teknologi sasis ekstensif, stabil, dan memiliki traksi yang baik, khususnya ketika berakselerasi dari sudut tikungan tajam. Dua model ini juga dilengkapi dynamic damper control dengan peredam yang dapat diatur secara elektronik. Artinya, pengemudi dapat memilih dari tiga mode berkendara (COMFORT, SPORT dan SPORT +) dengan satu sentuhan tombol.

Sebagai fitur standar, X5 M dan X6 M adalah fitur automatic tailgate, harman/kardon surround sound speaker, dan park distance control dengan kamera rear-view.  Kedua kendaraan juga memiliki Adaptive LED Headlights dengan BMW Selective Beam, fungsi lampu jauh anti-silau, dan fungsi active cornering.

BMW juga mengaplikasikan BMW Connected Drive, yakni sistem BMW Navigation Professional yang menawarkan kemampuan lebih serta grafis lebih tajam dan menggabungkan unsur-unsur 3D ke dalam tampilan petanya. Head-up display standar untuk all-new BMW X5 M dan BMW X6 M juga memberikan display M khusus, termasuk display kecepatan digital, display gigi, rev band, dan shift lights.

X5M dibanderol Rp 3,149 miliar, sedangkan X6M Rp 3,249 miliar. Keduanya berlaku secara off the road. BMW Group Indonesia juga memberlakukan fasilitas service inclusive yang mencakup perawatan rutin tanpa biaya selama 5 tahun atau 60 ribu kilometer.

Tim Info Tempo


 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi