Toyota Avanza Terbaru Menggunakan Mesin Dual VVT-i  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 11 September 2015 15:00 WIB
Teknologi Dual VVT-i ini diklaim memiliki cara kerja pintar yang mampu membuat mesin lebih efisien dan ramah lingkungan.

INFO OTOMOTIF - Menjelang dilaksanakannya pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada 20-30 Agustus 2015 mendatang, PT Toyota Astra Motor meluncurkan salah satu andalannya, yakni Toyota Grand New Avanza dan Grand New Veloz. Total, ada sembilan line up baru dari low multi-purpose vehicle (MPV) terlaris di Indonesia ini.

“Kami optimistis Grand New Avanza dan Grand New Veloz  akan membawa pelanggan ke tingkat kepuasan yang lebih baik,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Suparno Djasmin, saat peluncuran Grand New Avanza dan Grand New Veloz, di Jakarta, Rabu pekan lalu.

Grand New Avanza dan Grand New Veloz menggunakan mesin berteknologi Dual VVT-i (variable valve timing with intelligence) dengan kapasitas 1.300 cc dan 1.500 cc. Bukan hanya itu, Grand New Veloz juga hadir dengan line up baru dengan kapasitas 1.300 cc. Mesin 1.300 cc mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 96,5 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 12,3 Kgm pada 4.200 rpm. Sedangkan mesin 1.500 cc menghasilkan tenaga maksimum sebesar 104 PS pada 6.000 torsi maksimum 13,9 Kgm pada 4.200 rpm.

Teknologi Dual VVT-i ini diklaim memiliki cara kerja pintar yang mampu membuat mesin lebih efisien dan ramah lingkungan. Teknologi Dual VVT-i ini memungkinkan tenaga yang tersalur menjadi lebih besar dibanding mesin terdahulu serta efisiensi bahan bakar yang semakin meningkat. Selain itu, getaran mesin kian minim, sehingga kenyamanan semakin baik di kabin saat berkendara.

Interior juga mengalami penyegaran. Grand New Avanza memadukan warna abu-abu gelap dan oak, sedangkan Grand New Veloz menggunakan warna abu-abu gelap yang memberi kesan sporty. Interior dilengkapi spidometer lebih besar, mudah dibaca, serta menampilkan eco driving indicator. Untuk memberikan kenyamanan yang lebih kepada penumpang, bangku ketiga kini terpisah 50 : 50 agar lebih fleksibel untuk memberi ruang gerak lebih luas. Begitu pula console box Grand New Avanza dan Grand New Veloz, yang dibuat lebih besar.

Peningkatan aspek kenyamanan dan keamanan antara lain memperbaiki kualitas suspensi dalam menahan getaran dan memperkuat rangka lantai agar tingkat kebisingan, handling, serta stabilitas Grand New Avanza dan Grand New Veloz menjadi lebih baik dibanding pendahulunya.

Grand New Avanza dan Grand New Veloz juga dilengkapi fitur keamanan yang lebih baik, di antaranya 3 point seatbelt; headrest yang terpisah untuk penumpang tengah di baris kedua; warning seatbelt untuk penumpang; power window dengan jam protection; ABS di semua grade, side impact beam, ISOFIX, dan top tether anchor; serta wireless key dengan immobilizer.

Chief Engineer Grand New Avanza dan Grand New Veloz, Kazuhiko Yamashita, menjelaskan, pelanggan menginginkan penampilan mobil MPV yang lebih kokoh, canggih (sophisticated), dan sporty yang menjadi kata kunci desain terbaru Grand New Avanza dan Grand New Veloz. “Rancangan terbaru ini bertujuan meningkatkan penampilan Avanza dengan desain yang mampu memenuhi harapan pelanggan,” kata Yamashita.

Tim Info TEMPO


 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi