Fuso Goda Konsumen dengan Truk Modifikasi  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 14 September 2015 17:58 WIB
Mitsubishi Fuso menghadirkan truk modifikasi yang dapat dimanfaatkan konsumen untuk mendukung sektor bisnis.

INFO OTOMOTIF - Mitsubishi Fuso tampil genit dalam pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Tangerang, 20-30 Agustus 2015 lalu. Booth kendaraan komersial tidak kalah ramai dibanding booth-booth mobil penumpang. Kendaraan komersial, yang didominasi truk-truk besar, membuat area pameran di Hall 3 ICE layaknya markas Autobot di film Transformers.

Dari sekian banyak truk besar itu, ada truk yang tampil genit berwarna merah muda. Namanya Flower Truck. Truk ini sudah dimodifikasi sedemikian rupa dan seolah diparkir di sebuah taman hijau dengan aneka bunga segar, lengkap dengan bangku panjang artistik berwarna hijau lumut. Taman berukuran mini ini menghiasi Hall 3B yang diisi booth Mitsubishi Fuso.

Executive Marketing Director of MFTBC Marketing Division Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), Rizwan Alamsjah, mengatakan Fuso memang menyuguhkan berbagai penggunaan karoseri yang kreatif dan inovatif. Kehadiran unit truk yang telah dimodifikasi tersebut merupakan salah satu bentuk komitmen KTB untuk mendukung sektor bisnis konsumen.

“Kami menghadirkan varian-varian dengan fungsi serta kegunaan yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen di berbagai sektor bisnis, sehingga Mitsubishi Fuso menjadi produk andalan bisnis yang menguntungkan,” kata Rizwan.

KTB menampilkan delapan varian yang masing-masing dirancang dengan penggunaan karoseri dari dump truck, car carrier, food truck, hingga flower truck. KTB menggandeng beberapa pelanggan setia Mitsubishi Fuso untuk turut berpartisipasi, seperti Yakult, Yoshinoya, dan Nippon Express.

Flower truck, truk berwarna pink tadi, dan food truck merupakan salah satu bintang yang populer sepanjang pameran GIIAS 2015. Kedua truk unik ini dihadirkan KTB, agen tunggal pemegang merek Mitsubishi Motors Corporation (MMC) dan Mitsubishi Fuso Bus & Truck Corporation (MFTBC) di Indonesia, berkolaborasi dengan konsumen setianya dalam mengaplikasikan berbagai bentuk karoseri yang tepat guna serta dapat digunakan di berbagai bidang bisnis konsumen.

Flower truck diadopsi dari varian Colt Diesel FE 71, yang termasuk kategori super-economical. Varian ini diklaim Mitsubishi memiliki efisiensi tinggi dalam penggunaan bahan bakar tanpa mengurangi performa kendaraan. Varian ini didukung mesin 4D34-SAT5 berkekuatan 110 PS. Bekerja sama dengan V-Clas Karoseri, dibentuk sedemikian rupa untuk menampung berbagai macam bunga. Truk ini juga dirancang dengan memperhatikan berbagai aspek, seperti sirkulasi udara, cahaya, serta sistem pengairan dan pemupukan tanaman.

Keberadaan food truck juga banyak menghadirkan para pebisnis baru di bidang kuliner unik satu ini. Fuso memiliki varian yang dapat dijadikan food truck atau mobile restaurant, yaitu Colt Diesel FE 71 L. Karena sifatnya yang mobile, food truck banyak digemari konsumen karena praktis serta mudah dijangkau.

Fenomena ini banyak dimanfaatkan pebisnis, sehingga banyak permintaan kendaraan khusus untuk food truck. Colt Diesel dikembangkan menjadi karoseri food truck dengan teknologi modern namun tetap ramah lingkungan. Varian ini memiliki jarak sumbu roda 3.350 mm dengan sasis kokoh, kapasitas lebih besar, namun tetap kompak dan stabil. Mitsubishi mengklaim Colt Diesel ini cocok digunakan sebagai food truck.

Dalam pameran GIIAS lalu, KTB bekerja sama dengan salah satu konsumen yang menggunakan varian ini sebagai armada food truck, Yoshinoya, yang menjadi food truck yang digemari konsumen. “Dengan hadirnya dua varian unik ini, KTB berharap para konsumen setia Mitsubishi Fuso bisa mendapatkan ide serta wawasan baru dalam berbisnis di Indonesia,” ujar Rizwan.

Meski tidak menargetkan penjualan, selama pameran GIIAS berlangsung pada 20-30 Agustus 2015, Mitsubishi Fuso meraih 127 unit pemesanan kendaraan niaga, yang terdiri atas Colt Diesel di kelas light duty truck dan Fuso di kelas medium duty truck. Angka ini mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan pameran tahun sebelumnya dengan perolehan penjualan 108 unit.

“Di tengah kondisi yang belum stabil, kami memiliki ekspektasi positif, dan ini tecermin pada hasil yang lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya,” kata Duljatmono, General Manager of MFTBC Marketing Division KTB.

Duljatmono menambahkan, perolehan market share Mitsubishi Fuso (Januari-Juli 2015) tercatat 47,3 persen atau mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya pada periode yang sama sebesar 46,6 persen.

Tim Info TEMPO


 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi