BALAP F1: Hamilton Muluskan Jalan ke Trofi Juara 2015
Reporter: Tempo.co
Editor: Agus baharudin olahraga
Minggu, 27 September 2015 17:35 WIB

TEMPO.CO, Suzuka - Lewis Hamilton melapangkan jalan merebut trofi juara dunia balap mobil Formula Satu 2015 dengan memenangi Grand Prix Jepang di Sirkuit Suzuka, Minggu, 27 September 2015. Kemenangan ini membuat Hamilton meraih tambahan 25 poin menjadi 277. Ia meninggalkan para pembalap lain dengan perbedaan poin yang jauh untuk menentukan juara dunia tahun ini.

Masih tersisa lima dari total 19 balapan pada 2015, secara teknis Hamilton kian sulit dikejar. Pembalap Inggris juara dunia dua kali (2008 dan 2014) ini terlalu tangguh untuk disaingi. Trofi juara Hamilton ini menjadi yang ke-41 dia raih dalam seri balapan. Ia menyamai prestasi idolanya dari Brasil, Ayrton Senna. Senna tewas dalam kecelakaan Grand Prix San Marino 1994. Ia memenangi balapan ke-41 di Grand Prix Australia 1993.

Senna sendiri menempati urutan keempat dalam daftar pembalap yang paling banyak memenangi balapan Formula Satu. Posisi pertama masih ditempati pembalap Jerman, Michael Schumacher, yang memenangi 191 balapan. Urutan kedua ditempati oleh Alain Prost (Prancis), yang memenangi 51 balapan. Sedangkan di posisi ketiga Sebastian Vettel (Jerman), yang memenangi 42 balapan.

"Saya tidak dapat menjelaskan bagaimana saya dapat menyamai prestasi Senna. Saat ini saya tidak merasa ini satu kenyataan," kata Hamilton di mimbar juara setelah menerima penghormatan dari penggemarnya. Tahun lalu pengeras suara mendadak mati saat Hamilton memberi komentar di podium setelah memenangi balapan di Sirkuit Suzuka, yang diwarnai kecelakaan fatal tim Marrusia dari Prancis, Jules Bianchi. Bianchi meninggal dunia sembilan bulan kemudian setelah mengalami koma.

"Saya sangat senang sekarang," ujar Hamilton sebelum kepalanya diguyur sampanye oleh Sebastian  Vettel, pembalap Ferrari dari Jerman sekaligus juara dunia Formula Satu empat kali (2010, 2011, 2011, 2013), yang finis di urutan ketiga Grand Prix Jepang ini.

Kemenangan Hamilton menandai tegaknya kembali dominasi Mercedes setelah hasil yang buruk di Singapura, pekan lalu. Mercedes juga menempatkan pembalapnya asal Jerman, Nico Rosberg, di urutan kedua di belakang Hamilton. "Tim kami bekerja luar biasa bagus akhir pekan ini dengan menempatkan kami kembali di urutan pertama dan kedua di sirkuit ini,” ucap Hamilton, 30 tahun. “Mobil kami bergitu tangguh hari ini.”

Mercedes, yang memenangi sebelas dari 14 balapan yang telah digelar, juga kian berpeluang menjuarai kembali gelar di kategori konstruktor Formula Satu seperti tahun lalu. Saat ini Mercedes telah mengumpulkan poin 506, dan menempati urutan teratas, sementara saingan terdekatnya, Ferrari, membukukan 337.

Dengan hasil ini, Hamilton telah memenangi delapan dari 14 balapan yang telah berlangsung hingga September ini. Masih ada lima balapan lagi, yakni Grand Prix Rusia,  Grand Prix AS, Grand Prix Meksiko, Grand Prix Brasil, dan Grand Prix Abu Dhabi. Grand Prix Rusia berlangsung pada 11 Oktiber mendatang, sementara Grand Prix Abu Dhabi pada 29 November mendatang.

REUTERS | FORMULA1 | BBC | AGUS BAHARUDIN

Klasemen Pembalap hingga Grand Prix Jepang1.     Lewis Hamilton     Mercedes     2772.     Nico Rosberg     Mercedes     2293.     Sebastian Vettel     Ferrari         2184.     Kimi Raikkonen     Ferrari          1195.    Valtteri Bottas     Williams         1116.     Felipe Massa     Williams         977.     Daniel Ricciardo     Red Bull Racing     738.     Daniil Kvyat     Red Bull Racing     669.     Romain Grosjean     Lotus         4410.     Sergio Perez     Force India     39

#F1
#Lewis Hamilton
#Jepang

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi