Rio Haryanto Tercepat Ketiga dalam Sesi Latihan GP2 di Rusia
Reporter: Tempo.co
Editor: Rina Widisatuti
Jumat, 9 Oktober 2015 19:21 WIB
Pembalap Pertamina GP2 Indonesia dari tim Barwa Addax, Rio Haryanto saat berlaga di perlombaan GP2 di sirkuit Monza, Italia, (8/9). Dalam race itu Rio berhasil finish di posisi tujuh dan memperoleh dua poin. ANTARAFOTO/FANNY OCTAVIANUS

TEMPO.CO, Sochi - Pembalap Campos Racing asal Indonesia, Rio Haryanto, tampil menjanjikan pada sesi latihan bebas GP2 Series di Sirkuit Sochi Autodrom, Rusia, Jumat, 9 Oktober 2015. Pembalap kelahiran Surakarta, 22 tahun, itu mencatat waktu tercepat ketiga.

Rio mencatat waktu terbaiknya 1 menit 46,099 detik. Urutan pertama ditempati pembalap tuan rumah, Stoffel Vandoorne, dari tim ART Grand Prix dengan catatan waktu 1 menit 45,326 detik. Posisi kedua ditempati rekan setimnya, Arthur Pic, dari Prancis dengan catatan 1 menit 46,025 detik.

Rio mempersiapkan dengan baik sebelum tampil di Sirkuit Sochi Autodrom. Selain menggunakan mesin mobil baru, ia menjalani latihan khusus bersama dua pelatihnya, yakni Moises Vila Blanch dari Spanyol dan Dennis van Rhee dari Belanda, menjelang bertanding. Rio mengincar podium di Sochi. Dengan hasil tes bebas pertama ini, peluang mewujudkan keinginannya itu semakin terbuka.

Sirkuit Sochi Autodrom, yang terletak di dekat arena kompetisi Olimpiade, memiliki panjang lintasan 5,848 kilometer. Trek yang pertama kali menggelar balapan GP2 Series pada 2014 ini memiliki permukaan yang halus disertai variasi tikungan berkecepatan sedang dan beberapa titik untuk menyalip. Uniknya, 1,7 km dari lintasan sirkuit merupakan jalan raya yang dibuka untuk umum di luar waktu perlombaan.   Meski aspal sirkuit tersebut tidak terlalu berperan dalam tingkat degradasi ban, manajemen keausan ban akan tetap krusial, mengingat tikungan 3 dapat memberikan beban yang sangat besar di sisi kanan roda.

Rio mengaku telah mempelajari sirkuit tersebut. "Sirkuit Sochi Autodrom baru menggelar balapan GP2 tahun lalu, dan saya banyak mempelajari racing line dari latihan di simulator," ujarnya, seperti dalam keterangan media yang diterima Tempo, Kamis malam, 8 Oktober 2015.

Menurut Rio, kesempatan untuk menyalip besar. "Karakter sirkuit ini mirip dengan sirkuit jalan raya Valencia dengan tikungan-tikungan berkecepatan sedang yang mengalir," tuturnya.

Lomba balapan Feature Race akan digelar Sabtu, 10 Oktober 2015. Sedangkan untuk Sprint Race akan berlangsung Minggu, 11 Oktober 2015.

GP2 | RINA W.

#F1
#Rio Haryanto

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi