MotoGP, Rossi Genggam Satu Sisi Trofi Juara
Reporter: Tempo.co
Editor: Febriyan
Senin, 12 Oktober 2015 05:06 WIB
Pembalap Honda, Dani Pedrosa mengangkat pialanya setelah finish diurutan pertama bersama dengan pembalap lainnya Valentino Rossi diurutan kedua dan Jorge Lorenzo diurutan ketiga di sirkuit Twin Ring Motegi, Tokyo, 11 Oktober 2015. REUTERS/Issei Kato

TEMPO.CO, Jakarta - Pembalap tim Movistar Yamaha, Valentino Rossi, memperlebar peluangnya menjadi juara MotoGP setelah mampu finish kedua pada seri MotoGP Jepang di sirkuit Motegi Ahad kemarin. Sementara rival terberat sekaligus rekan setimnya, Jorge Lorenzo berada di posisi ketiga. Posisi pertama direbut oleh pembalap tim Repsol Honda, Dani Pedrosa.

Hasil ini membuat jarak antara Rossi dan Lorenzo melebar menjadi 18 poin dari sebelumnya 14 poin saja. Rossi saat ini memimpin klasemen dengan 283 poin sementara Lorenzo menguntitnya dengan 265 poin.

Dengan posisi seperti ini, Rossi hanya butuh finish satu posisi di belakang Lorenzo saja di tiga seri MotoGP tersisa: MotoGP Australia, MotoGP Malaysia dan MotoGP Valencia. Secara matematis, jika Lorenzo menjadi juara di tiga seri itu dia akan mendapat tambahan 75 poin atau total 340 poin.

Perolehan itu tak akan menyamai Rossi yang mendapatkan tambahan 60 poin jika berhasil mengamankan tempat kedua. Total, Rossi akan mengantongi 343 poin atau unggul 3 poin dari Lorenzo.

Tetapi skema itu bukan tugas yang ringan. Rossi harus mewaspadai duo pembalap Repsol Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa. Keduanya bisa saja menyelip di antara dirinya dan Lorenzo. Jika hal itu terjadi, gelar juara yang sudah digenggamnya dengan satu tangan saat ini bisa saja terlepas.

Skema lainnya, Rossi bisa lebih cepat memastikan menjadi juara dunia jika dia menjuarai dua seri berikutnya. The Doctor, julukan Rossi, memiliki catatan lebih baik dari Lorenzo di Seri MotoGP Australia dan Malaysia. Dia pernah 6 kali juara di sirkuit Phillip Island dibanding Lorenzo yang baru satu kali saja. Tahun lalu, Rossi juga menjadi juara disini sementara Lorenzo hanya mendapat posisi kedua.

Jika hasil ini kembali terulang, Rossi bisa saja memastikan gelar kesepuluhnya tanpa harus mengikuti lomba di Seri Moto GP Valencia. Jadi, kita tunggu saja kepastiannya dalam dua pekan ke depan.

MOTOGP|FEBRIYAN

#MotoGP
#Valentino Rossi
#Kotamadya Jakarta Selatan | DKI Jakarta

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi