7 Mobil Konsep Paling Menarik di Detroit Auto Show
Reporter: Tempo.co
Editor: Praga Utama TNR
Kamis, 21 Januari 2016 17:02 WIB
Sportcar Lexus Future Luxury Coupe (LF-LC) di pameran otomotif GIIAS 2015, di Tangerang, 28 Agustus 2015. TEMPO/Wisnu Agung Prasetyo

TEMPO.CO, Detroit, AS - Salah satu pameran mobil besar yang berpengaruh kuat terhadap Industri otomotif adalah Detroit Auto Show, atau Pameran Otomotif Amerika Utara yang digelar di kota mobil Detroit, Michigan.

Tahun ini, pameran mobil Detroit kembali digelar sejak tanggal 11 sampai 24 Januari mendatang. Berikut sejumlah mobil konsep yang dianggap paling menarik oleh para jurnalis yang hadir di sana, seperti dikutip dari msn.com:

1. Acura Precision ConceptMerek mobil milik Honda ini membawa Precision Concept ke Detroit untuk menunjukkan perkembangan desain kendaraan mereka di masa depan. Mobil sedan 4 pintu ini terkesan futuristis dengan bentuk bodi bersudut tajam. Ornamen grille berbentuk pentagon dan lampu depan LED yang disusun berjejer menambah kesan modern.

2. Audi H-Tron QuattroSaat produsen lain sibuk mengembangkan mobil listrik, Audi menggebrak dengan memperkenalkan mobil berbahan bakar hidrogen. Pabrikan asal Jerman ini membawa H-Tron Quattro, sebuah cross over yang diklaim sangat ramah lingkungan. Selain berbahan bakar hidrogen yang hasil buangannya air, mobil ini juga menggunakan material yang sangat ringan sehingga lebih irit. Kabarnya, Audi mulai memproduksi mobil ini tahun depan, dan bakal dilengkapi fitur swakemudi (otonom).

3. Buick AvistaSelaku merek otomotif asli Amerika Serikat, Buick juga mencuri perhatian dengan memamerkan mobil konsep coupe 4 penumpang. Desain mobil ini mengadopsi desain coupe berbodi lebar dan panjang, mirip mobil-mobil buatan Aston Martin. Wakil Presiden Buick Duncan Aldered mengatakan, "Mobil ini mencerminkan jiwa Buick yang dinamis. Dia juga memastikan mobil ini bakal segera diproduksi, dan aka menggunakan mesin 3.0 liter bermesin V6 dengan transmisi otomatis 8 percepatan.

4. KIA TellurideDi Detroit, merek mobil Korea Selatan ini seakan hendak bertransformasi dari pembuat mobil-mobil kompak menjadi pembuat mobil berbodi besar. Telluride adalah Sport Utility Vehicle 7 penumpang dengan bodi bongsor. KIA menyebutkan mobil ini akan diproduksi menjadi mobil yang fokus pada kenyamanan penumpangnya dengan fitur lengkap. Namun, meski bodinya besar, Telluride dirancang sebagai sebuah mobil hibrida, karena dilengkapi motor listrik.

5. Lexus LF-FCMobil ini sempat tampil di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show tahun lalu, dan menjadi mobil favorit pengunjung. Mobil konsep LF-LC adalah mobil yang akan menggunakan tenaga fuell-cell dan motor listrik untuk roda depan dan belakangnya. Lexus mengklaim mobil ini akan menggunakan teknologi canggih yang bisa dioperasikan dengan sangat mudah.

6. Nissan IDS ConceptMobil konsep ini dirancang sebagai sebuah mobil otonom yang interiornya bisa diubah sesuka hati oleh pemilik. Walau otomatis, namun mobil ini bisa juga dikemudikan secara manual. Interior mobil ini terkesan futuristis dengan keberadaan layar sentuh yang menggantikan panel-panel konvensional.

7. Volkswagen Tiguan GTE ActiveMeski sedang didera masalah emisi gas buang, Volkswagen tetap tampil berani dengan membawa produk konsepnya. Mobil ini merupakan SUV hibrida yang memiliki kemampuan off-road, kendati sedang menggunakan modus tenaga listrik 100 persen. Rencananya, Tiguan GTE Active ini bakal diluncurkan akhir 2016 di Eropa dan Amerika Serikat.

MSN | PRAGA UTAMA

#Mobil Listrik
#VW | Volkswagen

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi