New Nissan X-Trail Hybrid, Pionir Segmen SUV Hybrid
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 22 Januari 2016 14:56 WIB
New Nissan X-Trail Hybrid, Pionir Segmen SUV Hybrid

INFO OTOMOTIF - New Nissan X-Trail Hybrid menjadi bukti kepedulian Nissan terhadap keberlangsungan dan pelestarian lingkungan hidup. Melalui dua pilar utama Nissan, yaitu Zero Emission dan Pure Drive, Nissan berinovasi menekan emisi gas buang.

“Sudah menjadi komitmen NMI untuk menghadirkan inovasi produk terbaik dan terdepan kepada pelanggan,” ujar Steve Ardianto, President Director PT Nissan Motor Indonesia (NMI), saat meluncurkan New Nissan X-Trail Hybrid di acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015.

New Nissan X-Trail Hybrid merupakan SUV hybrid pertama di segmennya. Meski hybrid, mobil ini dikonsep memiliki tarikan responsif, konsumsi bahan bakar irit dengan kabin yang senyap, serta tampil gagah. Mesin MR20DD kapasitas 2.000 cc berpadu sinergis dengan electric motor, mampu mengeluarkan daya 178,1 PS. Suara mesin tetap halus, nyaris tanpa suara, dan hemat bahan bakar dibanding mesin konvensional.

Dalam segi akselerasi, New X-trail Hybrid memperlihatkan performa ciamik. Hasil tes yang dilakukan Nissan Global di Jepang memperlihatkan akselerasi dari posisi diam hingga 100 kilometer/jam dalam waktu 10,1 detik. Hasil dari standar pengujian konsumsi bahan bakar di Jepang (JC08) memperlihatkan New X-trail Hybrid mengkonsumsi bensin 20,6 kilometer/liter.

Teknologi Hybrid di New X-Trail adalah pionir dalam pengaplikasian perpaduan teknologi mesin dengan sistem 2 Clutch & 1 Motor. Teknologi 2 Clutch & 1 Motor ini mampu menggerakkan roda sekaligus menghasilkan listrik dengan satu motor, dilengkapi inovasi dual clutch hingga mampu memisahkan kerja motor dengan mesin.

Untuk penyimpanan energi listrik, tersedia batereai lithium ion yang compact dan memiliki output besar. Kapasitas penyimpanan dalam kendaraan yang cukup besar membuat pengalaman berkendara dengan motor listrik dapat dirasakan dalam waktu yang lama. Konsumsi bensin pun semakin efisien.

Mobil yang dipasarkan di kisaran Rp 600 juta ini juga dilengkapi teknologi canggih, selain sistem hybrid. Fitur around view monitor dengan empat kamera di sekeliling mobil memudahkan saat parkir dengan 360 derajat bird’s eye view. Lalu fitur advance drive-assist display mampu membantu pengemudi memonitor kinerja mesin dan fungsi kendaraan.

Adanya fitur safety active ride control (ARC), hill start assist (HSA), active trace control (ATC), antilock braking system (ABS), vehicle dynamic control (VDC), dan active engine braking (AEB) menambah ketangguhan performa SUV menaklukkan beragam kontur jalan. (*)


 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi