Toyota Produsen Otomotif Terbesar Dunia  
Reporter: Tempo.co
Editor: Rully Widayati
Rabu, 27 Januari 2016 16:29 WIB
PT Toyota Astra Motor meluncurkan varian baru dari mobil All Kijang Innova (Dok. Toyota Astra Motor)

TEMPO.COJakarta - Toyota mempertahankan predikat sebagai produsen otomotif terbesar di dunia. Hari ini Toyota merilis penjualan globalnya yang mencapai 10,15 juta unit kendaraan tahun lalu, melampaui Volkswagen, yang sedang dilanda skandal emisi, dan pabrikan Amerika Serikat, General Motors.

Volkswagen belum lama ini mencatat penjualan 9,93 juta kendaraan di seluruh dunia pada 2015. Adapun GM, yang membuat Chevrolet dan Cadillac, membukukan angka 9,8 juta unit.

Pada paruh pertama tahun lalu, Volkswagen berada di tempat teratas melewati Toyota karena pabrikan Jerman itu mendapatkan momentum besar di negara-negara berkembang.

Namun Volkswagen kemudian mencatat penurunan penjualan tahunan yang terbesar dalam lebih dari satu dekade ini akibat skandal penipuan tingkat emisi besar-besaran.

Volkswagen karam ke tingkat krisis terbesarnya setelah September silam mengakui telah memasangkan perangkat yang dirancang untuk mengelabui tingkat emisi pada 11 juta unit mobilnya.

Toyota menyalip dominasi GM selama beberapa dekade sebagai produsen otomotif terbesar di dunia pada 2008 meski sempat ambruk setelah bencana gempa-tsunami Jepang yang menghambat produksi dan mengacaukan rantai pasokannya. Pada 2012, Toyota kembali melewati GM, demikian dilansir AFP.

ANTARA

#Penjualan Mobil
#Toyota

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi