Ikuti Uji Coba Formula 1, Rio Terbang ke Barcelona Hari Ini
Reporter: Tempo.co
Editor: Nurdin Saleh TNR
Jumat, 19 Februari 2016 09:15 WIB
Pembalap Indonesia, Rio Haryanto berpose memegang bendera merah putih dalam konferensei pers di Jakarta, 18 Februari 2016. Usai mendapat dukungan dari pemerintah dan membayar biaya kepada Tim Manor Racing, akhirnya dapat dipastikan Rio dapat berlaga di ajang Formula 1 musim ini. AP Photo

TEMPO.COJakarta - Rio Haryanto mengaku sudah tidak sabar lagi untuk mencoba kendaraan bermesin Mercedes yang akan menjadi tunggangannya pada kejuaraan Formula 1 2016 bersama tim asal Inggris, Manor Racing.

"Besok, Jumat (19 Februari), saya akan berangkat ke Barcelona untuk uji coba resmi. Manor musim ini menggunakan mesin Mercedes. Jelas tim ini akan mendapatkan fasilitas lebih dari Mercedes," kata Rio Haryanto di kantor Pertamina, Jakarta, Kamis.

Menurut dia, tim Manor Racing dibilang menjadi Tim B Mercedes setelah ada pembalap yang didukung penuh pabrikan asal Jerman itu, yang menjadi rekan satunya. Kondisi ini dinilai sangat menguntungkan.

Dengan kondisi tersebut, kata Rio, pihaknya akan memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menunjukkan kemampuan terbaik. Sebagai debutan, Rio juga tidak akan mengecewakan pihak-pihak yang selama ini memberikan dukungan hingga bisa masuk Formula 1.

"Saya akan berusaha memberikan yang terbaik. Ini adalah peluang saya," ujar pembalap yang mulai aktif balapan sejak usia 6 tahun itu.

Tim Manor Racing tahun ini menggunakan mesin yang berbeda dibandingkan tahun lalu. Pada musim 2015, tim asal Inggris ini menggunakan mesin Ferrari, sedangkan musim ini mengandalkan Mercedes. Hal ini juga diakui oleh Racing Director Manor Dave Ryan.

Rio mengaku, pada uji coba di Barcelona, pihaknya akan berusaha menyesuaikan dengan kendaraan barunya. Apalagi, setelah uji coba, dia akan segera menjalani seri pertama kejuaraan balap jet darat yang selalu menjadi pantauan masyarakat dunia itu.

Sesuai jadwal, Rio Haryanto akan menjalani debut bersama Tim Manor Racing di Melbourne, Australia, 20 Maret mendatang. Ditanya masalah target, pembalap asal Solo itu mengaku akan menyesuaikan dengan target tim, yaitu berusaha berada pada posisi tengah.

Terkait dengan pembalap satu timnya, yaitu Pascal Wehrlein, pembalap 23 tahun ini mengaku senang karena pembalap asal Jerman tersebut akan membawa perubahan yang besar pada Tim Manor Racing. Dukungan dari Mercedes dinilai sangat menguntungkan.

"Manor sangat serius. Ahli aerodinamikanya dari Ferrari, engineering-nya eks Mc Laren. Ini sangat bagus. Karena itu, kami mohon dukungan semua teman-teman di sini," tutur anak pasangan Indah Pennywati dan Sinyo Haryanto itu. 

ANTARA

#F1
#F1
#Rio Haryanto

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi