Rio Haryanto, Bakat Balapan Mengalir dari Ayahnya  
Reporter: Tempo.co
Editor: Angga Sukma Wijaya Sukabumi tn
Minggu, 21 Februari 2016 16:58 WIB
Pembalap Indonesia, Rio Haryanto berpose dalam konferensei pers penandatangan dirinya bergabung dengan tim Manor Racing di Jakarta, 18 Februari 2016. Menandatangi kontrak bersama tim Racing Manor merupakan bukti bahwa Rio sudah dipastikan akan berlaga dalam dunia balap Formula 1. REUTERS

TEMPO.COSolo - Rio Haryanto kini resmi menjadi salah satu peserta balapan Formula 1 (F1) bersama tim Manor Racing mulai 2016. Dia menjadi orang Indonesia pertama yang bisa mengikuti balapan paling bergengsi di dunia tersebut.

Di dunia balapan, Rio memang bukan orang baru. Dia sebelumnya turun dalam GP2 Series. Ibu Rio, Indah Pennywati, mengatakan anaknya memang memiliki bakat balapan sejak kecil. Hal itu, kata dia, menurun dari ayahnya, Sinyo Haryanto, yang juga seorang pembalap.

"Ayahnya dulu pembalap gokart dan reli," kata Indah saat ditemui di kediamannya di Solo, Sabtu, 20 Februari 2016.

Bakat tersebut pun menurun ke anak-anaknya, termasuk Rio Haryanto, yang merupakan anak bungsu. Hanya anak keduanya yang tidak punya hobi balap. "Jadi dunia balap bukan hal yang baru untuk keluarga kami," tuturnya.

Meski demikian, keberhasilan Rio menembus Formula 1 tetap saja mengejutkan keluarga. "Dulu saya sempat menganggap remeh bakat ini," ucapnya. Keberhasilan itu, menurut dia, bukan hanya menjadi kebanggaan keluarga, tapi juga kebanggaan seluruh masyarakat.

Sinyo Haryanto mengatakan selalu membimbing anak-anaknya menekuni bakat tersebut. "Saya belajar bersama Rio hingga 2004," katanya.

Kakak sulung Rio, Roy Haryanto, juga memiliki prestasi di bidang balap. Dia beberapa kali menang dalam kejuaraan Formula Asia. Prestasi itu membuatnya mampu menembus Formula Pacific pada 1998.

AHMAD RAFIQ

#F1
#Rio Haryanto
#Kota Surakarta

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi