Logo Pertamina Mejeng di Mobil F1 Manor  
Reporter: Tempo.co
Editor: Rr. Ariyani Yakti Widyastuti
Senin, 22 Februari 2016 15:48 WIB
Pebalap Indonesia Rio Haryanto berpose dengan mobil balap di sela jumpa pers menjelang laga GP2 Series 2015 di Jakarta, 24 Maret 2015. Pada GP2 Series 2015, Rio Haryanto akan berada bersama tim Campos Racing asal Spanyol dengan dukungan penuh Pertamina. ANTARA FOTO

TEMPO.CO, Jakarta - Pembalap asal Indonesia, Rio Haryanto, pekan lalu mendapat kepastian menjadi pembalap tim Formula 1 asal Inggris, Manor Racing. Pada hari ini, Senin, 22 Februari 2016, beredar foto yang memperlihatkan logo perusahaan minyak Indonesia, PT Pertamina (Persero), terpampang pada mobil balap tim tersebut.

Pertamina memang menjadi sponsor Rio. Sebelumnya, Vice Presiden Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro menjelaskan, perseroan membantu Rio mendapatkan kursi pembalap di Manor dengan memberi dana 5 juta euro. "Awalnya, Pertamina membantu 2 juta euro, tapi dinaikkan menjadi 3 juta euro."

Dalam foto yang diunggah di forum online F1technical.net, terlihat huruf P putih yang menjadi logo Pertamina dipasang pada hidung mobil Manor. Sedangkan tulisan Pertamina berwarna hitam dengan dasar putih tercetak besar di sayap belakang jet darat itu.

Dibanding dengan musim lalu, perubahan paling mencolok pada desain mobil Manor yang bakal dikendarai Rio ini ialah warna dasarnya. Jika pada musim lalu memakai warna merah, putih, dan hitam, Manor di musim ini memakai warna merah, putih, dan biru. Logo Pertamina menggantikan logo Marussia dan Air BnB yang dipakai pada 2015.

Manor sebetulnya belum mengumumkan secara resmi tim, desain mobil balap (livery), dan seragam pembalap baru tim itu untuk musim balap 2016. Namun desain livery baru Manor tertangkap kamera sejumlah fan F1 yang mengintip sesi tes beberapa tim di Sirkuit Barcelona, Spanyol.

Foto mobil Manor berlogo Pertamina ini pertama kali diunggah akun @ScarbsF1 di Twitter. Pemilik akun itu, Craig Scarborough, berhasil mendapatkan akses ke ruang pit dan paddock sejumlah tim. Namun Craig tidak mengunggah foto Rio.

Sejumlah pencinta Formula 1 di forum Reddit mengatakan perubahan ini membuat tampilan mobil Manor lebih segar dan menarik. Seorang anggota forum dengan nama akun Empw mengatakan, "Desain yang menarik. Mereka (Manor) memakai hidung mobil konvensional, tidak seperti tim lain yang memakai hidung berbentuk lonjong."

PRAGA UTAMA

#F1
#PT Pertamina (Persero)
#Rio Haryanto

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi