Alasan Rio Haryanto Pakai Nomor 88 di Formula 1  
Reporter: Tempo.co
Editor: Febriyan
Selasa, 23 Februari 2016 15:21 WIB
Pembalap F1 asal Indonesia, Rio Haryanto. Foto: Manor Racing

TEMPO.COJakarta - Mitos nomor keberuntungan tak terlepas dari Rio Haryanto yang akan menjajal ajang Formula 1 musim ini bersama tim Manor Racing. Jika Valentino Rossi memiliki nomor keberuntungan 46 dan Jorge Lorenzo dengan nomor 99, Rio Haryanto memilih nomor 88.

Pemilihan angka 88 itu, menurut Rio, tak terlepas dari kariernya sebagai pembalap. Rio mengatakan bahwa dia memulai balapan mobil single seater dengan nomor itu pada ajang Formula BMW Pacific 2009.

"Nomor 88 dipilih karena awalnya mulai single seater dengan nomor itu dan sukses. Hopefully juga membawa keberuntungan," ujar Rio kepada Tempo melalui pesan WhatsApp, Selasa, 23 Februari 2016.

Pada ajang Formula BMW Pacific itu, Rio berhasil menyabet 11 kemenangan dari 15 balapan. Dia juga berhasil mendapatkan 7 kali tempat terdepan, 9 catatan lap tercepat, dan 12 kali podium. Pada akhir musim, dia menyabet gelar juara pertama dengan 250 angka.

Keberhasilannya dalam ajang BMW Formula Pacific itulah yang akhirnya membawa Rio berkenalan dengan Manor Racing. Pada 2010, dia bergabung dengan Manor dalam ajang GP3. 

Rio akan menjajal mobil MRT05 pada Rabu besok, 24 Februari 2016, di sirkuit Barcelona. Dia berharap segera mampu beradaptasi dengan mobil yang dibekali mesin Mercedes-Benz itu.

Seperti diketahui, Rio menjadi pembalap Indonesia pertama yang akan berlaga dalam perhelatan bergengsi Formula 1. Ia akan menjalani lomba pertamanya bersama Manor di Melbourne, Australia, pada 20 Maret mendatang. 

FEBRIYAN

#F1
#Rio Haryanto
#Spanyol

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi