Kokpit Mobil Formula 1 Tertutup, Tahun Depan
Reporter: Tempo.co
Editor: Febriyan
Kamis, 25 Februari 2016 13:49 WIB
F1 akan mulai balapan dengan cockpits sebagian tertutup pada 2017. theverge.com

TEMPO.CO, Jakarta - Badan Otomotif Internasional, FIA, memutuskan untuk mengubah sejumlah peraturan soal keselamatan balapan Formula 1 pada musim 2017. salah satu aturan yang paling disoroti adalah penggunaan kokpit tertutup pada mobil F1.

Keputusan itu diambil FIA setelah menggelar sejumlah pertemuan pada Selasa kemarin di Genewa, Swiss. Dalam rapat yang dihadiri oleh Badan Strategis F1 dan Komisi F1 itu, sejumlah kecelakaan fatal yang membahayakan pembalap menjadi pembicaraan hangat.

Kecelakaan pembalap tim Marusia F1 Jules Bianchi pada Seri Grand Prix Jepang Juli tahun lalu merupakan salah satu contoh yang menjadi pembicaraan hangat. Bianchi mengalami kecelakaan mengerikan saat mobilnya meluncur keluar lintasan dengan cepat dan menghantam mobil derek. Bianchi sempat mengalami koma dan akhirnya tewas sembilan bulan kemudian.

Selain Bianchi, salah satu kecelakaan fatal yang menjadi pembicaraan adalah yang dialami oleh Felipe Massa pada Grand Prix Hungaria pada 2009 lalu. Massa saat itu mengalami kecelakaan setelah serpihan mobil Rubens Barrichelo yang menghantam dinding pembatas masuk ke kokpitnya dan menghantam helmnya.

Pada pertemuan itu, semua pihak akhirnya sepakat untuk menerapkan konsep 'Halo' dimana tak seluruh dari kokpit tertutup. Namun, FIA belum memutuskan seperti apa desainnya karena mereka masih melakukan ujicoba.

"Komisi F1 menyatakan akan memperkenalkan sejumlah bentuk perlindungan kokpit pada musim 2017. Semua pihak terkait akan bekerjasama untuk membuat hal ini terjadi, dengan konsep 'Halo' saat ini menjadi opsi yang dipilih," bunyi pernyataan FIA. "Pilihan lain, seperti kokpit transparan, akan menjadi terus dievaluasi."

Pembicaraan soal kokpit tertutup sebenarnya sudah menjadi perhatian sejumlah tim sejak beberapa tahun lalu. Namun, pembicaraan itu baru ditanggapi serius oleh FIA pada akhir 2015 lalu. Konsep "Halo" yang menjadi pilihan FIA itu awalnya dikembangkan oleh Mercedes-Benz pada pertengahan tahun lalu dan mengambil alih proyek itu. Selain Mercedez, sejumlah tim seperti Mclaren dan Ferarri juga mengembangkan konsep mobil dengan kokpit tertutup.

Namun, masih terdapat masalah yang menjadi kekhawatiran dalam  menerapkan mobil dengan kokpit tertutup. Dua masalah yang paling krusial adalah soal penglihatan pembalap dan kekhawatiran bahwa kokpit tertutup akan menyulitkan pembalap untuk keluar dari mobilnya ketika terjadi kecelakaan.

DAILYMAIL|FEBRIYAN

#F1
#Swiss

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi