Kualifikasi Formula 1 Musim Ini Memakai Format Baru
Reporter: Tempo.co
Editor: Febriyan
Kamis, 25 Februari 2016 17:00 WIB
Rio Haryanto, pebalap tim Manor Racing ajang Formula 1 melewati tikungan dalam tes pramusim di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol, 24 Februari 2016. Meski Rio berada di urutan ke-10 dari 11 pebalap yang mengaspal pada sesi pagi hari ketiga ini, namun ia berhasil catatan waktu terbaik 1 menit 29,808 detik dari hampir 25 putaran yang dilahapnya. REUTERS/Sergio Perez

TEMPO.CO, Jakarta - Badan Otomotif Internasional, FIA, mengajukan aturan baru sesi kualifikasi Formula 1 untuk diberlakukan musim ini. Peraturan itu dimaksudkan untuk memuat balapan semakin menarik.

FIA mengajukan peraturan baru itu dalam rapat Komisi F1 dan Badan Strategis F1 di Genewa, Swiss, Selasa kemarin. Dalam aturan itu, FIA masih mempertahankan format tiga sesi kualifikasi seperti musim lalu.

Perbedaannya, jika pada musim lalu, setiap sesi memiliki waktu yang sama, 15 menit, maka pada peraturan baru ini setiap sesi akan berbeda. Sesi kualifikasi pertama akan berlangsung selama 16 menit, kualifikasi kedua selama 15 menit dan sesi kualifikasi ketiga akan berlangsung selama 14 menit.

Tak hanya itu, FIA juga membuat perubahan soal eliminasi pembalap pada setiap sesinya. Jika pada tahun lalu eliminasi hanya dilakukan pada akhir sesi, maka tahun ini akan ada pembatasan waktu bagi pembalap yang memiliki catatan waktu paling belakang.

Pada sesi pertama misalnya, pembalap paling belakang akan keluar lintasan setelah tujuh menit sesi berjalan, setelah itu setiap 90 detik satu pembalap paling lambat akan menjadi korban hingga tersisa 14 dari 22 pembalap.

Demikian juga pada sesi kualifikasi kedua. Pembalap paling lambat dalam 5 menit awal sesi terpaksa mengakhiri balapan lebih cepat. Setiap 90 detik berikutnya hingga akhir sesi, satu pembalap akan tereliminasi.

Sesi kualifikasi ketiga akan dimulai dengan hanya 8 pembalap saja. Satu pembalap akan tereliminasi setelah lima menit dan setiap 90 detik berikutnya satu pembalap akan terlempar. Pada sesi terakhir ini, dua pembalap tercepat akan memiliki kesempatan untuk memperebutkan posisi start terdepan dalam 90 detik terakhir.

Juara Dunia Formula 1 tahun 2015, Lewis Hamilton, menilai peraturan baru itu tak akan banyak mengubah persaingan ataupun membuat balapan menjadi lebih menarik. "Saya merasa itu tak akan mengubah banyak hal," ujarnya.

Hal senada diungkapkan oleh pembalap tim Red Bull, Daniel Ricciardo. "Saya tak tahu seberapa jauh peraturan baru itu akan membawa perubahan. Mungkin tekanan akan lebih besar kepada kami karena kami harus segera mendapatkan catatan waktu terbaik, jika tidak setelah lima menit mereka akan mulai menyingkirkan kami satu persatu," ujarnya.

Sementara pembalap tim Williams, Felipe Massa, mengatakan bahwa peraturan baru itu akan membuat kekacauan di lintasan pada awal sesi karena semua pembalap akan turun secara bersamaan dan mencoba menemukan waktu terbaiknya.

"Saya tak tahu saya menyukai aturan baru ini atau tidak," ujar Massa. "Saya harus mempelajarinya sementara waktu. Satu hal yang saya pahami adalah peraturan baru ini akan menciptakan kekacauan dan itu akan terjadi."

Aturan itu masih belum final karena FIA membutuhkan masukan dan persetujuan dari tim-tim yang akan berlaga. FIA memberikan waktu satu pekan hingga setiap tim memberikan masukan dan pandangannya terhadap aturan itu.

BBC|FEBRIYAN

#F1
#Swiss

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi