Malaysia Bantah Sponsori Rio Haryanto di Formula 1  
Reporter: Tempo.co
Editor: Nurdin Saleh TNR
Jumat, 26 Februari 2016 16:32 WIB
Pembalap F1 asal Indonesia, Rio Haryanto. Foto: Manor Racing

TEMPO.COJakarta - Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Datuk Seri Zahrain Mohamed Hashim, membantah kabar yang menyatakan bahwa pemerintah Malaysia mensponsori Rio Haryanto agar bisa bertanding pada kejuaraan F1.

“Tidak ada pernyataan dari pemerintah Malaysia soal Rio Haryanto,” ujar Zahrain dalam wawancara di ruang kerjanya, Jumat, 26 Februari 2016.

Zahrain pun merasa heran dari mana asal kabar tersebut. Dia mengatakan tidak ada konfirmasi dari pemerintah Malaysia terkait dengan sponsor ini. Bahkan, dia berujar, “Tidak pernah ada niat untuk mensponsori Rio.”

Zahrain menuturkan selama ini pemerintah Malaysia tidak pernah sekali pun mensponsori pembalap di negaranya sendiri, apalagi mensponsori pembalap dari negara lain. Dia mengatakan sponsor datang dari patungan korporasi-korporasi.

Isu ini bermula saat Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menyatakan risau jika pembalap asal Indonesia, Rio Haryanto, disponsori oleh Malaysia. "Semalam saya dengar disponsori Visit Malaysia. Kalau itu terjadi, tentu saya yang galau," kata Menpora Imam Nahrawi di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 24 Februari 2016. (Baca selengkapnya di sini)

Imam mengatakan dia tengah berupaya agar ada badan usaha milik negara atau perusahaan swasta nasional bersedia menjadi sponsor untuk Rio. "Saya juga sudah minta izin Presiden untuk melakukan terobosan, baik (melalui) RAPBN. Beliau memberikan lampu hijau asal betul-betul sesuai koridor hukum," tuturnya.

Rio Haryanto total harus membayar 15 juta euro (sekitar Rp 225 miliar) kepada Manor Racing untuk bisa memperkuat tim balap asal Inggris tersebut. Saat ini Rio Haryanto sudah resmi membayar kepada Manor sekitar 5 juta euro dan kekurangan sekitar 10 juta euro yang harus dibayarkan paling lambat Mei 2016.

Kementerian Pemuda dan Olahraga sendiri saat ini sudah berkomitmen akan membantu sekitar Rp 50 miliar, yang dananya akan diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2016 melalui penganggaran RAPBN-P 2016.

Baca: Klasemen Umum Tes Pramusim Formula 1, Rio Haryanto Tercecer

BAGUS PRASETIYO

#F1
#F1
#Rio Haryanto

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi