Truk Baru Mitsubishi Diklaim Unggul di Tanjakan
Reporter: Tempo.co
Editor: Praga Utama TNR
Rabu, 2 Maret 2016 01:00 WIB
Mitsubishi Tractor Head FZ4928 (ktbfuso)

TEMPO.CO, Jakarta - Produsen truk Mitsubishi, lewat agen pemegang merek PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) meluncurkan dua seri truk baru, Selasa, 1 Maret 2016. Merek yang dikenal dengan produk Fuso-nya ini mengklaim kedua seri baru mereka, yakni Tractor Head FZ4928 dan FZ4028, yang unggul dalam kemampuan melibas tanjakan.

Melalui keterangan persnya, Presiden Direktur KTB Hisashi Ishimaki menjelaskan, peluncuran dua varian baru ini awal dari pengenalan 10 varian baru yang akan hadir sepanjang 2016. "Kami berharap, kehadiran aneka produk baru ini akan memperkuat posisi Mitsubishi Fuso sebagai truk nomor satu di Indonesia."

Tractor Head FZ4928 dan FZ4028 ditujukan untuk menyasar berbagai segmen usaha. Hisashi menjelaskan, kedua produk baru ini cocok untuk armada angkutan consumer goods, kargo ekspedisi, bahan konstruksi, car carrier, semen dan pipa, serta minyak, mineral, atau bahan bakar. "Spesifikasi keduanya hampir sama. Bedanya hanya pada sistem penggerak."

Mitsubishi mengklaim sudah membuktikan keandalan truk ini dengan mengetes di tanjakan ekstrem dengan muatan maksimal. Salah satu lokasi pengujian adalah tanjakan Pancong di Bandar Lampung. Dengan muatan 60 ton, truk mampu melibas tanjakan, yang dikenal ganas, ini tanpa kendala.

Hisashi menjelaskan, beberapa keandalan dua varian truk ini ialah, pertama penggunaan sistem unitized pump yang bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar. Kedua, mesin yang digunakan memiliki tenaga besar pada putaran mesin yang rendah (2.200 rpm). Namun getaran mesin tetap rendah saat mencapai tenaga maksimal sehingga kinerja mesin lebih efisien.

Ketiga, diameter kopling yang besar (430 milimeter) mampu menyalurkan tenaga dari mesin ke sistem penggerak lebih optimal. Lalu, adanya 15 liter tangki tambahan untuk pengoperasian kopling. Hal ini membuatnya lebih nyaman. Kemudian penggunaan turbocharger bertekanan tinggi yang dapat menambah supply udara ke ruang bakar sehingga proses pembakaran lebih sempurna.

Variable green band indicator memberi petunjuk kepada pengemudi tentang posisi gigi serta putaran mesin yang tepat agar pengemudi dapat mengemudikan kendaraannya dengan efisiensi tinggi. Untuk keamanan, penggunaan engine brake dengan constant throttle valve dan exhaust brake meningkatkan performa pengereman ketika melewati jalan menurun.

"Ketika exhaust brake digunakan, bahan bakar tidak diinjeksi sehingga efisiensi bahan bakar meningkat dan performa pengereman optimal."

PRAGA UTAMA

#Penjualan Mobil
#PT Kramayudha Tiga Berlian

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi