Rio Jalani Simulasi Balapan di Tes Pramusim F1
Reporter: Tempo.co
Editor: Rina Widisatuti
Kamis, 3 Maret 2016 22:47 WIB
Aksi Rio Haryanto dalam tes pramusim Formula 1 hari ketiga di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol, 24 Februari 2016. Meski melintir keluar lintasan, namun pada lap pertama, Rio sukses menipiskan jarak waktu dengan pembalap terdepan. Twitter.com

TEMPO.CO, Barcelona - Pembalap Formula 1 dari tim Manor Racing, Rio Haryanto, ini akan menjalani simulasi balapan dan persiapan kualifikasi pada tes terakhir pramusim di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Jumat, 4 Maret 2016.

Menjelang tes hari terakhir, Rio melakukan persiapan seperti biasa. "Persiapan fisik seperti biasa dan komunikasi dengan tim, tentunya dengan menganalisis data telemetry test sejauh ini," ujar Media Officer Rio, Cep Goldia, melalui WhatsApp, kemarin.

Walaupun sempat mengalami kendala kebocoran oli pada mobilnya saat tes pagi di hari pertama, Selasa, 1 Maret 2016, Rio merasa sudah nyaman dengan mobilnya, MRT05 sasis 02. Ia berhasil memperbaiki catatan waktunya menjadi 1 menit 27,625 detik dari 1 menit 28,249 detik pada tes pramusim tahap pertama 22-25 Februari lalu.

Untuk bisa mendapatkan kecepatan terbaik saat tampil di Melbourne nanti, Rio mengatakan masih perlu bekerja keras. Ia pun tak akan menyia-nyiakan tes terakhirnya.

”Saya masih perlu melakukan beberapa simulasi balapan dan kualifikasi. Itu akan menjadi persiapan yang benar-benar baik sebelum Grand Prix pertama saya,” ujar dia, seperti dikutip dalam situs F1.com, Rabu, 2 Maret 2016.

Menurut Rio, bersama timnya, ia telah melakukan beberapa permulaan yang baik. Ia mendapat pengalaman bagus sebelum memulai debut di F1 pada Grand Prix Australia, di Melbourne pada 18 - 20 Maret 2016. "Kami semakin dekat. Dengan adanya satu hari lagi, saya pikir akan 100 persen siap di Melbourne,” ucap dia.

Tes pramusim ini, kata Rio, adalah kesempatan penting. Untuk itu, ia bertekad akan melakukan yang terbaik. “Kami tentu melakukan yang terbaik dari apa yang kami punya. Yang jelas, saya mencoba meningkatkan pengetahuan tentang mobil dan tim. Saya melakukan yang terbaik di sini,” ujarnya.

Rio juga tak ingin membuang waktu terlalu lama dalam beradaptasi. Ia ingin dapat cepat beradaptasi, juga belajar sebanyak mungkin. Apalagi, ia menilai timnya telah bekerja keras untuk dirinya dan mobilnya.

F1.COM | RINA WIDIASTUTI

#F1
#Rio Haryanto

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi