Rio Haryanto dan 6 Hal Baru Lain pada Balapan Formula 1 2016
Reporter: Tempo.co
Editor: Yayuk Widiyarti
Kamis, 10 Maret 2016 14:42 WIB
Pembalap Nico Rosberg (depan kanan) dan Lewis Hamilton memimpin balapan F1 Grand Prix Brasil di Sao Paulo, Brasil, 16 November 2015. Rosberg mempertahankan keunggulannya sejak memulai balapan dari pole position. REUTERS/Nacho Doce

TEMPO.CO, Jakarta - Musim baru balap F1 segera bergulir dan diawali dari Sirkuit Melbourne Park, 20 Maret 2016. Ada beberapa hal baru yang akan mewarnai lomba jet darat ini di musim 2016 dan berikut beberapa di antaranya.

1. Peraturan baru kualifikasiBerbeda dari musim sebelumnya, di mana para pebalap yang mencatat waktu paling lambat dieliminasi di setiap akhir kualifikasi, maka pada musim ini mereka akan dieliminasi pada tiga sesi berjalan. Sesi pertama berlangsung 16 menit dan peserta terlama tereliminasi setelah tujuh menit. Enam lainnya akan menyusul setelah interval 90 detik sementara 15 peserta melanjutkan ke sesi berikutnya.Sesi kedua berlangsung selama 15 menit dan pebalap terlama tereliminasi setelah enam menit. Yang berikutnya akan tereliminasi setelah 90 detik sehingga hanya delapan yang tersisa. Pada sesi terakhir, pebalap terlambat akan tereliminasi setelah lima menit dan kemudian masing-masing satu setiap 90 detik hingga hanya tersisa dua orang untuk memperebutkan posisi pole di sisa waktu 1,5 menit.

2 Azerbaijan masuk kalenderAzerbaijan akan menjadi tambahan dalam kalender musim 2016, yakni GP Eropa yang akan diadakan di Baku pada 19 Juni. GP Jerman, yang tahun lalu hilang, juga kembali dalam jadwal sehingga kalender musim ini mencapai rekor 21 seri.

3. Tim pendatang baruHaas adalah tim pendatang baru di musim ini, dengan mobil bermesin Ferrari dan menjadi tim berbasis di AS pertama yang menjadi peserta dalam 30 tahun terakhir. Dengan demikian ada 11 tim dengan 22 pebalap yang akan meramaikan musim 2016 ini.

4. Pembalap Indonesia pertamaRio Haryanto menjadi pebalap pertama asal Indonesia di lintasan F1, dan satu-satunya wakil Asia, dengan membela tim Manor Racing.

5. Aturan soal banAda lima jenis ban yang bisa dipergunakan setelah disetujuinya ban ultra-soft. Di bawah peraturan baru, Pirelli akan menyuplai tiga jenis ban, dan dua di antaranya wajib digunakan di setiap seri GP.

6. Lebih bisingMobil sekarang menggunakan dua knalpot dan akan membuat suara mesin sedikit lebih keras. Para pebalap juga boleh menggunakan lima set mesin di musim yang lebih panjang ini, sebelumnya hanya empat.

7. Kamera pemantau kecelakaanMobil dilengkapi dengan kamera berkecepatan tinggi agar mempermudah analisa bila terjadi kecelakaan atau tabrakan.

PIPIT

#F1
#Australia

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi