Alasan Pembalap F1 dan Tim Dilarang Komunikasi Lewat Radio  
Reporter: Tempo.co
Editor: Yayuk Widiyarti
Jumat, 18 Maret 2016 15:23 WIB
Pembalap McLaren, Jenson Button, mengikuti sesi latihan di F1 GP Australia, Albert Park di Melbourne, Australia, 13 Maret 2015. AP/Rob Griffith

TEMPO.COJakarta - Penyelenggara balapan Formula 1 merasa yakin pelarangan komunikasi radio antara pembalap di mobil dan timnya sudah tepat. Hasil peraturan baru ini akan mulai dilihat dampaknya pada GP Australia di Sirkuit Albert park, Melbourne, Minggu, 20 Maret 2016.

Dengan adanya pembatasan soal yang boleh dikomunikasikan lewat radio, para pembalap diharapkan lebih mandiri. Selama ini, mereka banyak mendapat bantuan dari tim, terutama soal strategi dan pantauan terhadap lawan.

Federasi Otomotif Internasional (FIA) sudah menyatakan apa saja yang boleh dikomunikasikan lewat radio di antaranya data dan display di papan pit. Pembahasan di luar itu dilarang, dan pelanggaran akan dikenakan penalti. Tak ada lagi saran atau bimbingan dari garasi tim untuk awaknya di trek.

"Kami ingin memastikan para pembalap mengemudikan mobilnya sendiri dan bukan dikemudikan oleh orang lain. Pembalap yang lebih baik pasti akan bisa melakukan tugasnya dengan lebih baik pula," kata Charlie Whiting, Direktur F1 FIA.

Banyak pembalap yang merasa keberatan dengan peraturan baru itu, seperti Fernando Alonso dan Jenson Button. Namun Whiting yakin peraturan ini dibuat untuk kebaikan F1 dan kelak banyak manfaatnya buat tim. Setiap pesan radio akan dipantau oleh pengawas lomba dan tim mekanik.

"Kami akan mendengarkan setiap pesan. Bila merasa ada yang aneh dalam pesan tersebut, kami akan melihat data dan membandingkan dengan performa mobil. Mereka pasti akan berusaha memberi sebanyak mungkin informasi kepada para pembalapnya. Kami hanya berharap mereka melakukannya dengan cara yang legal," ujar Whiting.

Komunikasi yang dibatasi adalah instruksi dari pit kepada pembalap dan bukan sebaliknya. Jadi pembalap tetap bisa mengeluhkan soal strategi tim atau intervensi dari lawan. Segala instruksi dari tim kepada pembalap bisa diutarakan sepuas-puasnya sebelum lomba.

AP l PIPIT

#F1
#Australia

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi