Nico Rosberg Juarai Formula 1 di Melbourne  
Reporter: Tempo.co
Editor: Rina Widisatuti
Minggu, 20 Maret 2016 14:19 WIB
Nico Rosberg, menjadi juara balapan Formula 1 Australia Grand Prix di Sirkuit Melbourne, mengalahkan Lewis Hamilton dan Sebastian Vettel. (Foto Formula 1)

TEMPO.COMelbourne - Pembalap Mercedes, Nico Rosberg, akhirnya menjadi jawara seri pertama Formula 1 musim 2016 di Melbourne, Australia, dalam lomba yang diwarnai sejumlah drama.

Rosberg menjadi nomor satu yang berani meladeni aksi salip-menyalip dengan rival terdekatnya, Lewis Hamilton, di Sirkuit Albert Park, Minggu, 20 Maret 2016. Rosberg mencatat waktu 1 jam 48 menit 15,565 detik.

Pada posisi kedua adalah Lewis Hamilton, dan posisi ketiga Sebastian Vettel. Mereka tertinggal 8-9 detik dari Rosberg. Tujuh pembalap lain yang mendapatkan poin dari seri pembuka ini adalah Daniel Ricciardo, Felipe Massa, Romain Grosjean, Nico Huelkenberg, Valtteri Bottas, Carlos Sainz Jr, dan Max Verstappen.

Balap Formula 1 kali diwarnai drama tabrakan Alonso dan keluarnya pembalap formula 1 Indonesia, Rio Haryanto. Rio harus terhenti pada lap 18. 

Pembalap Manor Racing F1 yang memulai balapan dari urutan 22 itu berhasil merangsek ke posisi 18, setelah terjadi tabrakan antara Fernando Alonso dan Esteban Gutierrez. Namun sayang, karena mobilnya bermasalah, Rio tak bisa menyelesaikan balapan.

"Sedih, sangat sedih terpaksa mengistirahatkan Rio Haryanto karena mobilnya mengalami kerusakan di driveline," demikian penjelasan Manor Racing dalam akun Twitter-nya. "Rio telah memiliki debut yang bagus. Kami sangat menyesal untuk hari ini."

Rio tetap tersenyum saat diwawancarai wartawan meskipun gagal menyelesaikan balapan. Dalam wawancara dengan presenter TV LeeMcKenzie, ia mengatakan sedih tak bisa melihat bendera kotak-kotak (finis). Walaupun demikian, ia menikmati debutnya di F1 dan merasa senang mendapat awal yang baik.

"Dia masih tersenyum. Itu hal positif untuk minggu ini. Berjuang lagi di balapan Bahrain," kicau @manorracing disertai foto Rio saat diwawancarai.

Keluarnya Rio dari pertandingan juga disampaikan akun Twitter Formula-1. “Sayang sekali untuk Rio Haryanto, debut F1 dia terhenti.”

Bendera merah untuk Rio muncul tak lama setelah insiden tabrakan yang terjadi pada lap 17, antara Fernando Alonso dari McLaren dan pembalap Haas, Esteban Gutierrez. Pada lap 21 dari total 57 lap balapan ini, terdapat empat pembalap yang dinyatakan keluar, yakni Rio dari Manor, Alonso dari McLaren, Gutierrez dari Haas, dan Daniil Kvyat dari Red Bull Racing.

Balapan perdana F1 musim ini dimenangi Nico Rosberg dari Mercedes yang mencatat waktu 1:48:15,565. Urutan kedua ditempati rekan setim Rosberg, Lewis Hamilton, dengan selisih waktu 8,060 detik. Peringkat tiga dihuni Sebastian Vettel dari Ferrari, dengan selisih waktu 9,643 detik dari Rosberg.

FORMULA 1 | YOHANES PASKALIS | RINA W.

#F1
#Rio Haryanto

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi