Tampil di Formula 4, Keanon Ingin Ikuti Rio Haryanto ke F1
Reporter: Tempo.co
Editor: Yocta Nurrahman
Kamis, 14 April 2016 14:19 WIB
Pembalap Manor Racing F1, Rio Haryanto, mengikuti sesi latihan ketiga Bahrain GP di Sirkuit Sakhir, Bahrain, 1 April 2016. Pembalap Tim Ferrari, Sebastian Vettel, berhasil menjadi yang tercepat dalam sesi latihan ketiga. ANTARA/Manor GP Racing

TEMPO.COJakarta - Keanon Santoso bertekad mengikuti jejak pembalap Formula 1 pertama asal Indonesia, Rio Haryanto, tampil di kejuaraan jet darat paling bergengsi di dunia itu. Ia kini sudah naik ke kelas Formula 4 setelah sebelumnya tampil di go-kart.

"Rio memang menginspirasi saya. Dia adalah pembalap pantang menyerah meski banyak halangan untuk bisa tampil di F1, tapi kenyataannya dia bisa," kata Keanon Santoso di sela kesiapannya untuk menghadapi kejuaraan Formula 4 di Jakarta, Kamis, 14 April 2016.

Bersama dengan kakaknya, yaitu Kezia Santoso, pembalap asal Solo berusia 15 tahun ini telah memantapkan diri bertanding dengan kendaraan yang cc-nya lebih besar. Jika biasanya harus berjuang dengan kendaraan 125 cc, kini duet pembalap muda kakak-adik ini akan menggunakan kendaraan Renault 2.000 cc.

Perbedaan cc hingga bentuk kendaraan yang akan digunakan jelas akan mempengaruhi persiapan yang dilakukan, terutama untuk fisik. Pada kejuaraan yang baru digelar di wilayah Asia Tenggara tahun ini, Keanon dan Kezia fokus untuk penguatan leher. Sedangkan untuk persiapan lain sama dengan persiapan yang selama ini dilakukan.

"Untuk masalah fisik saya berlatih bersama personal trainer-nya Rio Haryanto (Dennis van Rhee). Yang jelas saya ini mengikuti jejak Rio. Makanya saya akan terus berusaha di setiap tahapan yang akan saya lalui," kata Keanon dengan optimistis.

Sebelum turun di Formula 4, Keanon dan Kezia akan berusaha maksimal di kejuaraan go-kart yang selama ini mereka tekuni. Apalagi keduanya berada di papan atas klasemen umum kejuaraan Rok Senior yang akan membawa mereka ke kejuaraan dunia go-kart di Portugal akhir tahun nanti.

Keanon saat ini bisa dikatakan sebagai pembalap muda Indonesia yang naik daun. Meski belum lama naik ke kelas senior, anak pasangan Yongliek dan Menik Santoso ini sudah pantas diwaspadai. Beberapa kejuaraan level nasional dan internasional sudah bisa dimenangi. Bahkan keduanya sering bermain di Eropa.

Hasrat Keanon untuk mengejar Rio Haryanto juga diinginkan sang kakak, Kezia Santoso. Meski seorang perempuan, gadis berusia 17 tahun ini juga memiliki impian yang tinggi, yaitu tampil di Formula 1. Hanya saja, dirinya cukup realistis untuk mengejar tujuannya.

"Saya tidak muluk-muluk bisa tampil di F1. Yang saya inginkan nanti adalah berkecimpung di area F1. Saya juga tidak ingin disebut next Alexandra (pembalap wanita Indonesia). Tapi saya ingin prestasi yang saya raih lebih dari itu," kata Kezia yang sebentar lagi akan kuliah di Belanda itu.

Sesuai dengan jadwal, kejuaraan F4, yang merupakan tahapan menuju F1 untuk seri pertama, akan digelar di Sirkuit Sepang Malaysia 5-7 Agustus, berikutnya di KL City GP Malaysia 12-14 Agustus, kembali ke Sepang 1-2 September, Buriram Thailand 4-6 November, Penbay Taiwan 25-27 November, dan di Sepang 9-11 Desember. 

ANTARA

#F1
#Balap Mobil
#Rio Haryanto

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi