Demi Rio Haryanto, Kemenpora Galang Dana Via SMS
Reporter: Tempo.co
Editor: Widiarsi Agustina
Senin, 18 April 2016 04:24 WIB
Menpora Imam Nachrawi dan Menkominfo Rudiantara menandatangani dinding dukungan untuk pembalap Formula 1 Rio Haryanto di Wisma Kemenpora. Jakarta, Ahad, 17 April 2016. TEMPO/Ahmad Faiz

TEMPO.CO, Jakarta - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) merealisasikan penggalangan dana untuk Rio Haryanto melalui SMS Donasi ke nomor 7788. Donasi Rp 5.000 per SMS ini diharapkan mampu menutup kekurangan dana yang dibutuhkan pembalap Formula 1 itu.

Peluncuran SMS Donasi untuk Rio ditandai dengan penandatangan kerja sama lima operator seluler di Indonesia. Penandatanganan dilakukan di hadapan Menpora Imam Nahrawi dan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara di gedung Theater Kemenpora, Jakarta, Minggu, 17 April 2016.

"Dari kerja sama dengan lima operator seluler ini diharapkan ada 40 juta pelanggan mengirimkan SMS donasi. Kegiatan ini juga bisa dikatakan rekor karena lima operator menggunakan nomor sama, yaitu 7788," kata Ketua Pengarah Penggalangan Dana Rio Haryanto, Sakhyan Asmara.

Menurut dia, pemilihan nomor untuk donasi ini tak sembarangan. Sebab, didasarkan pada permintaan manajemen Rio. Angka 88 merupakan nomor yang digunakan pembalap asal Solo, Jawa Tengah, itu saat bertanding di arena balap Formula 1.

Kegiatan penggalangan donasi, yang juga diprakarsai oleh IMI DKI Jakarta, diharapkan mampu menutup kekurangan dana yang dibutuhkan Rio untuk bergabung dengan tim Manor Racing. Saat ini kekurangan dana yang harus segera dibayarkan ialah 10 juta euro dari total 15 juta euro secara keseluruhan.

"Rio sampai kapan pun tetap kami dukung karena dia adalah orang Indonesia pertama yang bisa turun di Formula 1," kata Ketua IMI DKI Jakarta A. Judiarto di sela penandatanganan SMS Donasi untuk Rio.

Untuk turun di Formula 1, Rio Haryanto memang membutuhkan dana yang besar sehingga membutuhkan dari pihak lain. Selama ini, dana yang digunakan untuk pembayaran uang muda berasal dari manajemen dan dari bantuan Pertamina.

Sementara itu, Imam mengatakan penggalangan dana merupakan salah satu solusi untuk memenuhi kekurangan dana. Apalagi dana bantuan dari pemerintah melalui anggaran pendapatan dan belanja negara hingga saat ini belum bisa dilakukan. Padahal batas waktu pembayaran semakin dekat.

"Ini adalah salah satu solusi. Ke depa  tidak hanya untuk Rio, tapi untuk semua atlet Indonesia yang berprestasi. Saat ini kita juga menghadapi kejuaraan besar, termasuk Olimpiade," katanya di sela peluncuran SMS Donasi untuk Rio.

Rio bersama tim Manor Racing saat terus berjuang menunjukkan performa terbaik. Hingga seri ketiga, pembalap berusia 23 tahun ini telah merasakan ketatnya persaingan di arena balap jet darat itu. Hasilnya, ia mampu finis di seri Bahrain dan Shanghai China.

ANTARA

#F1
#Kementerian Pemuda dan Olahraga
#Rio Haryanto

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi