Ekonomi Melambat, Penjualan Mobil di Cina Tembus 2 Juta Unit
Reporter: Tempo.co
Editor: Rr. Ariyani Yakti Widyastuti
Selasa, 14 Juni 2016 10:50 WIB
Penjualan mobil di Beijing, Cina.. REUTERS/Jason Lee

TEMPO.CO, Beijing - Penjualan mobil di Cina meningkat pada Mei 2016. China Association of Automobile Manufacturers (CAAM) menyatakan 2,09 juta kendaraan terjual di Cina pada Mei 2016.

Jumlah penjualan tersebut meningkat 6,3 persen dari penjualan pada April. Peningkatan ini terjadi di tengah kelemahan perekonomian di negara ekonomi terbesar kedua dunia tersebut. Pertumbuhan ekonomi Cina melambat menjadi 6,7 persen pada periode Januari-Maret atau terburuk dalam tujuh tahun.

Namun, peningkatan ini cenderung stagnan apabila dibandingkan dengan pertumbuhan pasar mobil beberapa tahun lalu yang dikenal sebagai era keemasan pasar mobil Cina. "Tingkat pertumbuhan yang lebih rendah dari pasar mobil Cina adalah penyesuaian norma-norma pertumbuhan industri otomotif global," kata Wang Xia, Ketua Dewan Komite Otomotif Cina untuk Promosi Perdagangan Internasional, Selasa, 14 Juni 2016.

Selain itu, indikator ekonomi utama memburuk pada Mei. Angka resmi yang dirilis pekan ini menunjukkan peningkatan investasi aset tetap, melambat, dan terlemah sejak 16 tahun lalu. Beberapa ekonom memperkirakan ekspansi Cina akan mengendur pada kuartal kedua.

CAAM juga menunjukkan penjualan mobil dalam negeri mencapai 24,6 juta pada 2015. Pada Oktober 2015, pemerintah berusaha meningkatkan pasar otomotif dengan pemotongan pajak pembelian mobil penumpang dengan mesin yang lebih kecil. Data CAAM menunjukkan penjualan mobil penumpang mencapai 1,79 juta unit pada Mei 2016. Naik 11,3 persen dibanding 2015.

General Motors masih mengungguli pasar otomotif secara keseluruhan. Pada awal Mei ini, penjualan mengalami lonjakan 16,9 persen. Sekitar 300 ribu unit permintaan menguat dengan beberapa jenis kendaraan tipe sport utility vehicles, multi-purpose vehicles, dan mobil mewah.

Produsen mobil asal Jepang, Toyota, menjual lebih dari 100 ribu kendaraan di Cina pada Mei lalu. Menurut laporan media Cina, capaian ini meningkat 12 persen secara year on year.

Data CAAM menunjukkan, penjualan mobil Cina di tengah tren pertumbuhan global, rebound pada Mei. Segmen mobil penumpang membuat angka penjualan tumbuh 7,8 persen selama lima bulan terakhir.

TIMES OF INDIA | SHANGHAI DAILY | ARKHELAUS WISNU

#Penjualan Mobil
#Cina

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi