Rio Haryanto Nyaman di Azerbaijan, Begini Hasil Latihannya  
Reporter: Tempo.co
Editor: Nurdin Saleh TNR
Sabtu, 18 Juni 2016 04:27 WIB
Rio Haryanto, pembalap F1 asal Indonesia dari tim Manor Racing di garasi pada saat sesi latihan Grand Prix Rusia di Sochi Autodrom, 29 April 2016. Mark Thompson/Getty Images

TEMPO.CO, Jakarta - Pembalap Indonesia yang tergabung dalam Manor Racing, Rio Haryanto, bisa menikmati cara menguasai sirkuit di Kota Baku, Azerbaijan, yang dijadikan tempat balapan kedelapan lomba balap mobil Formula 1 2016.

Hal itu dibuktikan pembalap asal Solo itu saat tampil dua kali dalam latihan resmi pada Jumat, 17 Juni 2016, waktu setempat dengan mengalami peningkatan posisi dari latihan resmi pertama ke kedua.

"Saya benar-benar menikmati cara menguasai sirkuit. Sebuah trek yang menyenangkan, dan saya pikir kami berada dalam kondisi yang bagus untuk Sabtu waktu setempat (untuk latihan resmi ketiga dan babak kualifikasi) serta untuk balapan pada Minggu," kata Rio, seperti disampaikan media relations, Cep Goldia, dalam surat elektroniknya, Sabtu pagi, 18 Juni 2016.

Pada sesi latihan resmi pertama itu, pembalap 23 tahun yang mengendarai mobil MRT05-02 itu menempati posisi ke-22 dengan catatan waktu 1:51.925 dari 28 lap. Sedangkan pada latihan resmi kedua yang dilaksanakan pada hari sama, Rio menempati posisi ke-18 dengan catatan waktu 1:47.487 dari 33 lap.

"Hari ini adalah hari yang sungguh positif bagi kami. Jika saya membandingkan latihan resmi pertama dengan kedua, tampaknya kami lebih kompetitif pada latihan yang kedua. Jadi jelas, kami menuju ke arah yang lebih baik," ucapnya.

Menurut Rio, dia mencoba beberapa long run untuk memahami degradasi ban lebih jauh. Ban supersoft lebih rumit, tapi ban soft terasa cukup baik. "Saya benar-benar menikmati cara menguasai sirkuit," ujarnya.

Rekan satu tim Rio, pembalap Jerman, Pascal Wehrlein, pada sesi latihan resmi pertama menempati posisi ke-20 dengan catatan waktu 1:51.210. Sedangkan pada latihan resmi kedua, dia menempati posisi ke-21 dengan catatan waktu 1:48.018.

"Saya sangat senang dengan trek ini, benar-benar bagus dan menarik. Saya menikmati cara mengemudi di sini. Pada latihan pertama memang lancar, karena saya mencatat lap time dengan ban medium. Tapi kami membuat beberapa perubahan di antara kedua sesi dan tidak semuanya berhasil dengan baik," tuturnya.

Direktur Balap Manor Racing Dave Ryan mengatakan terlihat beberapa tanda yang sangat positif pada hari pembukaan bagi timnya di trek Baku.

"Program hari ini sesuai dengan harapan dengan beberapa insiden untuk para pembalap. Rio dan Pascal mengendalikan diri mereka dengan sangat baik dengan trek yang menantang sekali untuk dikuasai, sehingga mereka pastinya senang dengan pekerjaan hari pertama," ucapnya.

Sirkuit di Kota Baku memiliki panjang lintasan 6.003 kilometer. Latihan resmi ketiga dilaksanakan pada Sabtu pukul 14.00-15.00 waktu setempat, kemudian dilanjutkan babak kualifikasi untuk menentukan nomor star pembalap pada pukul 17.00-18.00 . Sedangkan balapan kedelapan dilaksanakan pukul 17.00 keesokan harinya.

ANTARA

#F1
#Rio Haryanto

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi