Masa Depan Tak Pasti, Rio Haryanto Fokus Balapan di Jerman
Reporter: Tempo.co
Editor: Yocta Nurrahman
Kamis, 28 Juli 2016 18:43 WIB
Rio Haryanto, pembalap F1 asal Indonesia dari tim Manor Racing di garasi pada saat sesi latihan Grand Prix Rusia di Sochi Autodrom, 29 April 2016. Mark Thompson/Getty Images

TEMPO.CO, Jakarta - Pembalap nasional yang tergabung dalam tim Manor Racing Rio Haryanto akan mengenyampingkan semua spekulasi mengenai masa depannya pada lomba balap mobil Formula Satu (F1) 2016 dan akan berkonsentrasi pada race kedua belas di Hockenheimring, Jerman, 29-31 Juli 2016.

"Saya berniat untuk mengesampingkan semua spekulasi mengenai masa depan saya dan berkonsentrasi di sini Hockenheim. Saya ingin fokus pada balapan untuk akhir pekan ini," kata Rio Haryanto seperti yang disampaikan Media Relations Cep Goldia dalam surat elektroniknya, Kamis.

Pembalap asal Solo, Jateng, tersebut mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak.

"Semua orang sangat luar biasa dan saya berterima kasih untuk itu. Tim sangat mendukung dan juga para fans, jadi saya sungguh senang bahwa saya akan membalap di sini. Ini akhir pekan yang besar untuk F1, kembali ke Jerman - balapan rumah mitra powertrain kami - dan juga balapan terakhir sebelum liburan musim panas," katanya.

Pembalap berusia 23 tahun tersebut mengakui bahwa sirkuit di Jerman ini yang menonjol adalah suara keramaian dan atmosfernya fantastis terutama di bagian stadion.

"Ini adalah trek di mana kecepatan di lintasan lurus sangat penting, jadi saya pikir sorotan akan banyak mengarah pada power unit Mercedes akhir pekan ini. Saya berharap kami dapat berkontribusi melalui performa positif bagi mitra powertrain kami di sini dan mendapatkan hasil maksimal dari paket yang kami miliki dan pengembangan-pengembangan yang kami perkenalkan untuk pertama kalinya di Hungaria. Seperti biasa, saya akan memberikan usaha terbaik saya," katanya.

Sementara itu Ibunda Rio Haryanto, Indah Pennywati yang dihubungi secara terpisah mengatakan, manajemen berusaha maksimal untuk Rio Haryanto supaya bisa tampil pada race ke-12 lomba balap mobil F1 di Jerman ini.

Ketika ditanya bagaimana dengan kelanjutan kontrak Rio Haryanto dengan Manor Racing, dia mengatakan, pokoknya manajemen akan berusaha terus. "Kami baru bisa bayar untuk setengah musim," katanya.

"Kami tetap berharap Rio Haryanto bisa berlomba di F1 untuk satu musim tahun ini," katanya menegaskan.

Seperti diwartakan sebelumnya Manajemen Rio Haryanto berharap pembalap nasional tersebut tetap bisa berlaga pada lomba balap mobil Formula Satu (F1) 2016.

Ibunda Rio Haryanto, Indah Pennywati ketika dihubungi dari Semarang, Jawa Tengah, Selasa (19/7), mengatakan, sampai kini manajemen belum bisa menutup kekurangan dana untuk setengah season-nya lagi (lomba balap mobil F1 sebanyak 21 race).

"Kontrak dengan tim Manor Racing akan berakhir usai lomba balap mobil F1 di Hongaria (22-24 Juli 2016) atau race kesebelas F1," katanya menegaskan.

Balapan race kedua belas ini akan diikuti oleh empat pebalap Jerman dan empat tim bermesin Mercedes, termasuk Manor Racing dengan salah satu pebalapnya, Pascal Wehrlei.

ANTARA

#F1
#F1
#Rio Haryanto

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi