Test Drive Sienta: Fungsional Berkat Pintu Geser dan Jok Lipat
Reporter: Tempo.co
Editor: Praga Utama TNR
Selasa, 2 Agustus 2016 07:09 WIB
Setelah diluncurkan di Jakarta awal April lalu, Toyota Sienta dipamerkan di Tunjungan Plaza, Surabaya, Jawa Timur, 4 Mei 2016. TEMPO/Wawan Priyanto

TEMPO.CO, Jakarta - Sebagai sebuah multi-active vehicle atau  MAV, Sienta punya kelebihan fungsi dibandingkan multi-purpose vehicle atau  MPV konvensional. Mobil ini dilengkapi lima pintu (dua pintu geser, dua pintu biasa, satu pintu bagasi). Kapasitas penumpangnya enam orang plus supir dengan konfigurasi 2-3-2.

Setiap penumpang memiliki ruang duduk yang cukup nyaman dengan leg room lega serta posisi sandaran yang cukup leluasa untuk diatur. Jika jok di baris ketiga tak digunakan, kapasitas bagasi menjadi sangat besar (503 liter).

Sebagai mobil tujuh penumpang, ruang kaki dan kepala untuk dua penumpang di baris ketiga cukup lapang. Ketika dicoba, posisi kaki penghuni jok belakang tak perlu ditekuk dan tak membuat pegal. “Soalnya, konfigurasi jok dibuat lebih tinggi, seperti pada ruang teater,” ujar Product Knowledge Toyota Astra Motor Gandhi Ahimsa saat test drive Sienta di Bandung, akhir pekan lalu.

Dua pintu geser untuk mengakses kabin penumpang juga mudah dioperasikan karena menggunakan motor elektrik. Untuk membuka dan menutupnya, pengguna cukup menarik tuas tanpa harus mendorong pintu. Terdengar bunyi alarm saat proses buka-tutup pintu geser. Gunanya untuk menghindari tangan terjepit. Pintu akan merapat sendiri tanpa harus ditekan.

Ruang bagasi Sienta lapang berkat konfigurasi jok lipat model drive-in, yakni jok belakang tersimpan rapi di bawah jok baris kedua. Jok di baris kedua pun bisa dilipat hingga rata dengan lantai kabin. Proses melipatnya mudah dan cepat. Tempo sempat menguji kelapangan ruang kabin Sienta dengan melipat semua jok penumpang. Hasilnya, satu sepeda gunung ukuran roda 20 inci dan sejumlah koper masuk dengan mudah.

Fungsionalitas Sienta tercapai berkat keberadaan sejumlah kompartemen penyimpanan barang di dalam kabin. Misalnya boks untuk sepatu di bawah jok penumpang depan, laci yang lebar dan berpendingin pada dashboard, dan kompartemen penyimpanan ban serep serta peralatan yang tersembunyi di lantai belakang.

PRAGA UTAMA

#Penjualan Mobil
#Toyota Astra Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi