Kontrak Rio Haryanto di F1 Diputus, Manor Beberkan Alasannya
Reporter: Tempo.co
Editor: Nurdin Saleh TNR
Rabu, 10 Agustus 2016 16:23 WIB
Rio Haryanto, pembalap F1 asal Indonesia dari tim Manor Racing di garasi pada saat sesi latihan Grand Prix Rusia di Sochi Autodrom, 29 April 2016. Mark Thompson/Getty Images

TEMPO.CO, Jakarta - Tim Formula 1 Manor Racing memutuskan untuk mengakhiri kontrak salah satu pembalap mereka, Rio Haryanto, hari ini, 10 Agustus 2016. Menurut keterangan pers Manor di situs resminya, mereka memutus kontrak Rio setelah pembalap asal Indonesia itu tidak mampu memenuhi kewajiban yang tertuang di dalam kontraknya.

Namun, Manor Racing menyatakan mereka telah menawari Rio peran lain di Manor dalam upaya untuk menjaga mimpi Rio di kompetisi F1. "Tim telah menawarkan Rio peran sebagai driver cadangan untuk sembilan putaran tersisa dari 2016 FIA Formula 1 World Championship," tulis Manor dalam lamannya, Manorf1team.com.

Direktur Racing Manor Dave Ryan memuji Rio yang telah menjadi salah satu pembalapnya sejak Januari lalu. "Beberapa waktu lalu, manajemen Rio mengalami kesulitan untuk memenuhi kewajiban kontraknya seusai Grand Prix Hungaria. Tim ini telah bekerja tanpa lelah untuk mencoba menyelesaikan masalah melalui dukungan dari Indonesia," tuturnya.

Dave berujar, Manor telah berupaya sebisa mungkin untuk terus bekerja sama dengan Rio, termasuk memungkinkan Rio untuk balapan di GP Jerman. "Sayangnya, kami mencapai titik di mana kami terpaksa mengeksplorasi pilihan lain untuk sisa musim ini, demi kebaikan dan kepentingan tim," ujar Dave.

Menurut Dave, Manor akan sangat mendukung Rio untuk melanjutkan karier balapannya di F1. "Kami sangat berharap bahwa Rio akan menerima tawaran kami untuk berperan sebagai driver cadangan untuk sisa musim ini," katanya. Manor pun berjanji akan segera mengumumkan rekan setim yang baru bagi pembalap utama Manor saat ini, Pascal Wehrlein.

ANGELINA ANJAR SAWITRI

#F1
#Rio Haryanto

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi