Ocon Gantikan Rio Haryanto, Direktur Manor: Ia Bintang Muda  
Reporter: Tempo.co
Editor: Febriyan
Rabu, 10 Agustus 2016 17:39 WIB
Pembalap Indonesia, Rio Haryanto mengendarai mobil balap Manor Racing MRT-Mercedes MRT05 Mercedes PU106C Hybrid turbo dalam sesi latihan Formula Satu Grand Prix Spanyol di Sirkuit Catalunya, Montmelo, Spanyol, 13 Mei 2016. Rio berada di posisi 21 dalam latihan. Clive Mason/Getty Images

TEMPO.CO, Jakarta - Tim Manor Racing mengumumkan nama pengganti Rio Haryanto untuk menjadi pembalap utamanya pada sisa musim balap Formula 1 tahun ini. Pembalap muda asal Prancis, Esteban Ocon, diumumkan hanya satu jam setelah mereka mengumumkan pemutusan kontrak Rio.

Dalam laman media sosial resminya, Manor menyebutkan bahwa Ocon akan menjadi pendamping dari Pascal Wehrlein pada sembilan seri tersisa. Ocon akan memulai debutnya dalam seri GP Belgia di Sirkuit Spa-Francorchamps pada 28 Agustus mendatang.

Direktur Balap Manor Dave Ryan menyebut Ocon sebagai salah satu bintang muda paling bersinar di ajang balapan saat ini. Pembalap 19 tahun itu sebelumnya menjadi pembalap cadangan tim Renault dan juga mengikuti ajang Kejuaraan DTM 2016 bersama tim Mercedes-AMG.

"Kami sangat senang menyambut Esteban di Manor Racing untuk sisa musim ini. Dia adalah salah satu bintang muda Formula 1, bersinar dalam tugasnya sebagai pembalap cadangan Renault dan juga berlomba di kejuaraan DTM dengan Mercedes-AMG tahun ini," ujar Dave dalam pernyataan resminya, Rabu, 10 Agustus 2016.

Tim Manor Racing secara resmi menyatakan telah memutuskan kontrak dengan pembalap Indonesia, Rio Haryanto. Mereka menawarkan Rio menjadi pembalap cadangan untuk sisa musim Formula 1 tahun ini.

Dalam pernyataan resminya Manor menyatakan Rio tak mampu memenuhi kewajibannya seperti tertuang dalam kontrak. Rio gagal memenuhi kewajiban pendanaan sebesar 15 juta euro. Dia hanya sanggup memberikan 8 juta euro saja sehingga kekurangan dana 7 juta euro.

Manor menyatakan akan tetap mendukung Rio tetap bertahan di ajang Formula 1. Mereka menawarkan Rio untuk menjadi pembalap cadangan Manor.

MANORRACING | FEBRIYAN

#F1
#Rio Haryanto
#Inggris Raya

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi