EKSKLUSIF: Diputus Manor, Rio: Terima Kasih Indonesia
Reporter: Tempo.co
Editor: Febriyan
Kamis, 11 Agustus 2016 06:00 WIB
Pembalap F1 dari Indonesia, Rio Haryanto mengunggah foto persiapan dirinya jelang F1 GP Rusia di Sochi. Rio mengunggah foto ini dengan kutipan Dimanapun saya bertanding, Merah Putih selalu di hati. Instagram.com/@Rharyantoracing

TEMPO.CO, Jakarta - Harapan Rio Haryanto untuk bisa menyelesaikan musim balap Formula 1 musim ini pupus sudah. Tim Manor Racing memutuskan kontraknya pada Rabu siang, 10 Agustus 2016. Kepada Tempo, Rio sempat sedikit bercerita soal pemutusan kontrak itu dan rencananya ke depan.

Berikut ini wawancara Rio Haryanto dengan Tempo hanya beberapa menit setelah menerima kabar pemutusan kontrak dari Manor.

Bagaimana Anda mengetahui pemutusan kontrak oleh Manor? Saya ditelepon oleh manajer saya, Piers Hunnisett. Dia yang memberitahukan keputusan ini.

Tapi, apa alasan Manor? Mereka sebenarnya sudah membantu saya membiarkan saya membalap hingga seri GP Jerman. Dengan pendanaan yang ada, seharusnya saya hanya membalap hingga seri GP Hungaria saja.

Oke. Berapa kekurangan dana yang harus Anda berikan kepada Manor? Dalam kontrak disebut total mencapai 15 juta euro. Kami hanya mampu mendapatkan 8 juta euro. Jadi kurang sekitar 7 juta euro lagi.

Selain soal pemutusan kontrak, apa ada hal lain yang disampaikan Manor? Manor menawarkan saya menjadi reserve driver (pembalap cadangan).

Anda mau menerima? Saya masih akan membicarakan hal itu dengan manajemen.

Anda telah banyak membantu Manor dalam pengembangan mobil mereka selama setengah musim ini. Apakah Anda akan tetap dilibatkan dalam pengembangan pada musim yang akan datang? Kalau saya jadi reserve driver, program pengembangan masih akan berlanjut. Saya masih akan terus berdiskusi dengan engineer Manor.

Jika menjadi pembalap cadangan, Anda akan terus berada di sirkuit bersama tim? Sebenarnya tidak harus selalu. Tetapi saya harap tetap bersama tim di setiap balapan.

Apa harapan Anda setelah tidak lagi menjadi pembalap utama Manor? Saya berharap tahun depan bisa kembali ke sirkuit sebagai pembalap utama.

Apa komentar orangtua Anda atas pemutusan kontrak ini? Mereka sudah mencoba semaksimal mungkin untuk mencari sponsor. Tetapi memang sangat sulit.

Apa yang akan Anda sampaikan kepada masyarakat Indonesia? Terima kasih atas support yang sangat besar dari masyarakat Indonesia. Sayangnya, musim ini harus berakhir di seri GP Jerman dikarenakan support dana tidak ada lagi untuk memenuhi persyaratan kontrak Manor.

Simak pulaCerita Nusron: Skenario Ahok Kan Lawan 10 Partai! Kata Kak Seto Soal Kebijakan Full Day School Mendikbud Full Day School, Menteri Muhadjir Ingin seperti Finlandia Keluarga Berharap Risma Tidak Maju Pilkada DKI Jakarta

WAWAN PRIYANTO | FEBRIYAN

#F1
#Rio Haryanto
#Kotamadya Jakarta Selatan | DKI Jakarta

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi