Rio Haryanto Terima Tawaran Jadi Pembalap Cadangan Manor  
Reporter: Tempo.co
Editor: Rina Widisatuti
Kamis, 11 Agustus 2016 14:51 WIB
Rio Haryanto, pembalap F1 tim Manor Racing asal Indonesia, di Sochi, Rusia, 28 April 2016. Lomba Formula satu GP Rusia akan berlangsung pada 1 Mei 2016. F1twitter.com/manorracing

TEMPO.CO, Banbury - Pembalap Formula 1, Rio Haryanto, akhirnya menerima tawaran tim Manor Racing sebagai pembalap cadangan. Keputusan itu diambil sehari setelah tim F1 tersebut memutus kontraknya sebagai pembalap utama.

"Rio bersedia mewakili apabila pembalap utama tidak bisa ikut dalam suatu acara. Dia juga akan terlibat dalam pertemuan teknis dan kegiatan PR (publik relationship) sebagai anggota tim untuk mendukung ambisi balapnya," tulis Manor dalam keterangan resminya, Kamis, 11 Agustus 2016.

Baca: Rio Haryanto Jawab 10 Pertanyaan Soal Pemutusan Kontraknya

Manor memutus kontrak Rio sebagai pembalap utama dan menggantinya dengan pembalap junior Mercedes, Esteban Ocon. Keputusan itu diumumkan pada Rabu, 10 Agustus 2016. Penyebabnya, manajemen Rio tidak bisa membayar kekurangan dana sebesar 7 juta euro atau sekitar Rp 102 miliar.

Rio mendapat tawaran menjadi pembalap cadangan Manor saat pemutusan kontrak. Ketika itu, dia tidak langsung menerima. "Saya masih akan membicarakan hal itu dengan manajemen," ujarnya saat dihubungi Tempo, Rabu kemarin.

Baca: Ocon Gantikan Rio Haryanto, Direktur Manor: Ia Bintang Muda  

"Kalau saya jadi reserve driver (pembalap cadangan), program pengembangan masih akan berlanjut. Saya masih akan terus berdiskusi dengan engineer Manor," tuturnya. Rio berharap musim depan akan kembali ke sirkuit sebagai pembalap utama.

RINA WIDIASTUTI | WAWAN PRIYANTO

#F1
#Rio Haryanto

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi