Rio Haryanto Tuai Simpati Fan Usai Kontraknya Diputus
Reporter: Tempo.co
Editor: Gadi kurniawan makitan tnr
Kamis, 11 Agustus 2016 22:04 WIB
Sejumlah penggemar pembalap Rio Haryanto, berkumpul di depan kediamannya di Solo, Jawa Tengah, 11 Agustus 2016. Kredit/Indah Pennywati

TEMPO.COJakarta - Rio Haryanto menuai simpati dari penggemar-penggemarnya setelah kontraknya diputus tim Manor Racing. Akibat pemutusan kontrak itu, Rio Haryanto tidak bisa balapan lagi dalam sisa musim ini. 

Kontrak dengan Rio Haryanto diputus setelah manajemen pembalap 23 tahun asal Solo tersebut tidak bisa memenuhi kewajiban membayar sisa dana sebesar 7 juta euro (Rp 102,3 miliar). Manor merekrut pembalap baru, Esteban Ocon, yang baru 19 tahun. 

Baca: Rio Haryanto Jawab 10 Pertanyaan Soal Pemutusan Kontraknya

Beberapa penggemar menyampaikan dukungan mereka dengan mendatangi rumah Rio Haryanto di Solo, Kamis, 11 Agustus 2016. Dalam foto-foto yang dikirim Ibu Rio, Indah Pennywati, kepada Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot S. Dewabroto, terlihat fan Rio memasang spanduk bertulisan: “#TerimakasihRio... Welcome home, my hero! Solo tetap bangga. Sejarah mencatatmu.”

Sedangkan pada akun Instagram-nya, Rio Haryanto mengunggah fotonya dengan baju balap tim Manor F1. Di bawah foto itu, dia menulis, “I love racing because I love representing Indonesia”. Unggahan itu mendapat 20.202 like dan 961 komentar. Salah satunya datang dari akun @mrifqi010402: “Terimakasih kak @rharyantoracing yang sudah memajukan bangsa Indonesia ke kancah internasional. Semoga Kak Rio tetap semangat dan sabar. Allah bless you, Kak.”

Kendati kontraknya diputus, Rio Haryanto masih bisa terlibat dalam ajang F1. Dia menerima tawaran menjadi pembalap cadangan Manor. Artinya, Rio Haryanto akan bisa balapan jika salah satu dari dua pembalap berhalangan. Dia juga akan menghadiri rapat-rapat teknis tim.

Baca: Rio Haryanto Terima Tawaran Jadi Pembalap Cadangan Manor

"Saya ucapkan terima kasih kepada tim Manor Racing yang telah membuka kesempatan bukan hanya bagi saya sendiri, tapi bagi seluruh masyarakat Indonesia yang ingin memiliki wakil dari Tanah Air di Kejuaraan Dunia Formula 1. Tak lupa, terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PT Pertamina dan buku tulis KIKY, juga kepada keluarga, manajemen, hingga fan yang tiada hentinya mengirimkan pesan-pesan dukungan. Saya akan berusaha untuk kembali bertanding di F1 secepat mungkin," demikian pernyataan resmi Rio Haryanto yang dikirim ke media. 

GADI MAKITAN

#F1
#Rio Haryanto

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi