Modifikasi Velg Sigra, Seperti Apa Pengaruhnya?
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Rabu, 21 September 2016 07:00 WIB
Perkenalan produk kendaraan baru Daihatsu Sigra di Astra Daihatsu Motor Assembly Plant, Karawang, 2 Agustus 2016. TEMPO/Diko Oktara

TEMPO.CO, Jakarta - Astra Daihatsu Sigra mulai memadati jalanan di kota-kota besar. Semakin banyak penggunanya, kecenderungan si pemilik untuk mengubah tampilan tunggangannya bakal semakin besar.

Hal ini diakui oleh Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor, Anjar Rosjadi. Salah satu komponen yang "rawan" di-upgrade adalah roda alias velg. Velg Sigra yang berukuran 13 inchi (R13) untuk varian D dan R14 untuk varian M, X, dan R dinilai terlalu kecil. (Baca juga: Daihatsu Sigra Transmisi Manual Paling Laris).

"Padahal ukurannya sudah disesuaikan dengan performa mesin dan rasio konsumsi bahan bakarnya," kata Anjar saat ditemui di dealer Astra Daihatsu Internasional Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa 20 September 2016.

Menurut Anjar, tidak ada masalah jika pengguna Sigra ingin mengubah velg, misalnya dengan ukuran R15 dan R16. Dia mengatakan, yang terpengaruh adalah konsumsi bahan bakar dan kinerja mesin, karena dipaksa menghela roda yang lebih besar dari seharusnya. Kondisi kaki-kaki, peredam kejut (shockbreaker), atau fender menurut Anjar tidak akan terpengaruh.

"Yang terpenting, sesuaikan ukuran ketebalan ban, jangan terlalu mepet dengan permukaan fender," ujarnya. (Baca juga: Pesan Daihatsu Sigra, Warna Apa yang Paling Laku?).

Namun Anjar tidak menyarankan pengguna Sigra untuk melakukan modifikasi, sebelum berkonsultasi dengan teknisi yang kompeten. Lagipula, kata dia, performa mobil bakal lebih optimal jika memakai setting-an atau suku cadang yang sudah ditetapkan oleh pabrikan. "Tapi kalau mau coba, risikonya tanggung sendiri," kata dia. (Baca juga: Toyota Kewalahan Penuhi Pesanan Calya).

FERY F

Berita LainMenggeber Enam Mobil Hibrida di Kandang ToyotaTest Drive Daihatsu Sigra: Head Unit Dilengkapi BluetoothPerkenalkan, Veloz Tigre Berkarakter HarimauIni Spesifikasi Datsun Go karya Desainer West Coast Custom

#Low Cost Green Car | LCGC | Mobil Hijau
#PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi