Finis Kedua di Abu Dhabi, Rosberg Rebut Gelar Juara Dunia F1
Reporter: Tempo.co
Editor: Nurdin Saleh TNR
Minggu, 27 November 2016 22:13 WIB
Pembalap Mercedes Nico Rosberg, mengangkat pialanya saat berada di podium setelah berhasil menang pada Grand Prix Jepang di Sirkuit Internasional Suzuka, Jepang, 9 Oktober 2016. Nico Rosberg merebut kemenangan kesembilannya musim ini saat tampil di Sirkuit Suzuka. AP/Toru Takahashi

TEMPO.CO, Jakarta - Pembalap Jerman Nico Rosberg memastikan diri menjadi juara dunia balapan Formula 1 musim ini setelah finis kedua dalam balapan pamungkas pada Grand Prix Abu Dhabi di Sirkuit Yas Marina, Ahad malam. Ia sekaligus menggagalkan ambisi rekan setimnya di Mercedes, Lewis Hamilton, untuk mempertahankan gelar, meski mampu finis pertama dalam lomba itu.

Rosberg hanya butuh finis di tiga besar dalam lomba penghabisan itu. Ia memulai lomba dari urutan kedua di belakang Hamilton. Keduanya pun mampu mempertahankan posisinya itu hingga akhir lomba, meski Rosberg sempat mendapat tekanan dari Sebastian Vettel.

Dengan posisi finis itu, Rosberg mengemas total 385 poin, sedangkan Hamilton 380 poin. "Ini adalah mimpi masa kecil yang menjadi kenyataan," kata Rosberg lewat radio timnya, begitu melewti garis finis. "Terima kasih untuk semuanya."

Ini menjadi gelar juara dunia yang pertama kalinya bagi Rosberg, yang merupakan putra dari Keke Rosberg yang pernah menjadi juara F1 bersama Williams pada 1982. Pembalap berusia 31 tahun itu sudah berlomba sejak 2006 dan baru bisa menjadi juara setelah menjalani 204 lomba.

Seusai lomba, kedua rekan setim itu tak tampak bertegur sapa di ruang istirahat. Hamilton juga tak menyampaikan ucapan selamat pada rekan setimnya itu.

CRASH | BBC | NURDIN

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi