Hamilton Terpilih Jadi Pembalap Formula 1 Terbaik Musim Ini  
Reporter: Tempo.co
Editor: Yocta Nurrahman
Kamis, 1 Desember 2016 11:29 WIB
Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton manyemprotkan sampanye setelah finish diurutan pertama di sirkuit Hockenheim, Jerman, 31 Juli 2016. AP/Michael Probst
Iklan
Iklan

TEMPO.CO, Jakarta - Para bos tim Formula 1, yang berjumlah 11, telah memilih Lewis Hamilton sebagai pembalap terbaik musim ini, meskipun pembalap asal Inggris itu kehilangan gelar, dikalahkan rekan satu timnya di Mercedes, Nico Rosberg. Hal itu terungkap dalam jajak pendapat majalah tahunan Autosport.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pembalap asal Jerman, Rosberg, yang memenangi kejuaraan dunia pertamanya dalam balapan yang menegangkan di Abu Dhabi pada akhir musim Minggu lalu itu menempati posisi ketiga dalam satu pemilihan rahasia, berada di bawah pembalap sensasional Red Bull asal Belanda berusia 19 tahun, Max Verstappen. Sedangkan pembalap Red Bull lainnya asal Australia, Daniel Ricciardo, menempati urutan keempat.

Hamilton memenangi 10 dari 21 balapan musim ini—untuk pertama kalinya seorang pembalap memenangi lebih dari tujuh kejuaraan balapan tapi tidak berakhir sebagai juara dunia—sedangkan Rosberg memenangi sembilan balapan.

Juara dunia tiga kali itu juga berakhir dengan 12 posisi start terdepan (pole position) rapi kalah lima poin dari Rosberg, yang menikmati keandalan mobil yang lebih besar dan konsisten meraih podium.

Hamilton mendapat poin lebih di jajak pendapat Autosport 2016, yang meminta bos mereka menyebut 10 nama pembalap terbaik dan kemudian memberi poin penghargaan terhadap setiap pembalap sesuai dengan sistem penilaian di Formula 1, dari yang ia lakukan tahun lalu saat memenangi gelar dengan tiga putaran tersisa, demikian dilaporkan Reuters.

Berikut ini urutan 10 besar dalam polling itu. 1. Lewis Hamilton, 234 poin 2. Max Verstappen, 183 3. Nico Rosberg, 176 4. Daniel Ricciardo, 133 5. Sebastian Vettel, 90 6. Fernando Alonso, 67 7. Kimi Raikkonen, 61 8. Sergio Perez, 52 9. Valtteri Bottas, 26 10. Carlos Sainz Jr., 25 .

ANTARA

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi