Pameran Otomotif Detroit, Berlomba Pamerkan Mobil Swakemudi
Reporter: Tempo.co
Editor: wawan priyanto
Jumat, 6 Januari 2017 19:26 WIB
Sebuah minivan listrik Chrysler Portal ditampilkan dalam CES 2017 di Las Vegas, Nevada, 5 Januari 2017. Mobil masa depan berteknologi semiotonom atau bisa melaju sendiri ini, dilengkapi dengan pengenal wajah dan biometrik suara, termasuk kamera selfie. REUTERS/Steve Marcus

TEMPO.CO, Detroit - Pameran Otomotif di Detroit, Amerika Serikat, pekan ini akan menjadi ajang lomba teknologi mobil tanpa sopir atau mobil swakemudi. Dalam pameran yang mulai dibuka pada Minggu, 8 Januari 2017, sejumlah produsen otomotif seperti Google, VW dan sejumlah perusahaan lainnya akan memamerkan mobil-mobil pintar mereka.

Waymo, anak perusahaan Google khusus mobil swakemudi (self-driving car) yang bermitra dengan Chrysler memamerkan Chrysler Pacifica. Ini merupakan minivan yang dilengkapi teknologi kemudi mandiri. Volkswagen, yang berupaya melupakan skandal emisi diesel tahun lalu, berencana memperkenalkan mobil konsep bertenaga listrik yang juga mandiri.

Baca: Setelah Fiat, Google Gaet Honda Garap Mobil Otonom

Lebih dari 300 peserta pameran adalah perusahaan pemula (start-ups) yang mengumbar teknologi baru self-driving. Pabrikan besar juga dalam permainan yang sama. "Perlombaan mobil swakemudi semakin cepat dalam 12 bulan terakhir antara kelompok pabrikan mobil, raksasa Silicon Valley, dan kelompok produsen elektronik (consumers electronic). Mereka berlomba ingin menjadi yang pertama memproduksi mobil mandiri,” kata Karl Brauer dari Kelley Blue Book, perusahaan riset otomotif.

Para analis menyatakan teknologi otonom saat ini berada dalam tahap-tahap awal, namun intervensi manusia masih diperlukan. "Otomatisasi sepenuhnya adalah tujuan utama, tapi untuk saat ini tak satu pun perusahaan telah memiliki kendaraan otonom seutuhnya dalam produksi," kata analis teknologi dari Jefferies & Co., Brian Fitzgerald.

Simak: Militer AS Uji Teknologi Mobil Otonom

Michelle Krebs, seorang analis industry AutoTrader, mengatakan tantangan terbesar mobil swakemudi adalah melawan persepsi konsumen yang ragu-ragu terhadap mobil kemudi mandiri. Konsumen masih belum percaya teknologi ini.

HOTMA RADJA

#Mobil Listrik

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi