Valteri Bottas Resmi Gabung Tim Formula 1 Mercedes
Reporter: Tempo.co
Editor: Gadi kurniawan makitan tnr
Selasa, 17 Januari 2017 08:45 WIB
Pembalap baru Tim Williams Martini Racing untuk musim 2017, Lance Stroll (kiri) bersama rekan setimnya Valtteri Bottas saat berada di markas mereka di Wantage, Inggris 3 November 2016. REUTERS

TEMPO.CO, London - Valtteri Bottas resmi menggantikan Nico Rosberg yang telah memutuskan pensiun. Seperti dikutip dari BBC, Selasa, 17 Januari 2017, Bottas akan menjadi pembalap pendamping Lewis Hamilton di Mercedes musim ini.

Kepindahan yang sudah diperkirakan sejak Desember tahun lalu itu pun membuat pembalap Brasil, Felipe Massa, tak jadi pensiun. Dialah yang menggantikan Bottas di tim Williams.

Bottas telah menandatangani kontrak satu tahun bersama Mercedes. Sementara itu, Rosberg menerima tawaran Mercedes untuk menjalankan peran sebagai duta tim. Adapun pembalap muda Mercedes, Pascal Wehrlein, pindah ke Swiss Sauber.

Bos Mercedes, Toto Wolff, menyatakan bahwa situasi tim sangat menantang usai Rosberg memutuskan pensiun hanya lima hari setelah pembalap asal Jerman itu memenangi gelar juara Formula 1 musim lalu.

"Dalam hidup, terkadang keadaan yang tak terduga memberikan kesempatan yang menarik," ujar Wolff. "Keputusan Nico adalah kejutan besar. Tapi badai membuat Anda lebih kuat dan kami melihat ini sebagai kesempatan lain bagi tim untuk tumbuh."

Wolff menilai, Bottas sangat cocok dengan Mercedes. "Sebagai pembalap, dia sangat cepat dan juga memiliki hati di tempat yang tepat. Dia membagikan nilai dan semangat kami. Dia juga sederhana dan rendah hati serta pekerja keras," kata dia.

Bagi Bottas, bergabungnya ia ke Mercedes merupakan kesempatan terbesar dalam hidupnya. Dia telah membalap di F1 selama empat musim dan menunjukkan prestasi yang cukup baik bersama Williams berdampingan dengan Pastor Maldonado dan Massa.

"Ini saat-saat yang sangat menarik bagi saya," kata Bottas. "Jelas sebuah mimpi yang menjadi kenyataan membalap di tim dengan sejarah besar, terutama dalam beberapa tahun terakhir yang begitu mengesankan."

Bottas berharap, dia dan Hamilton akan menjadi duet yang hebat. "Saya benar-benar menghormati dia sebagai pembalap dan juga secara personal. Saya yakin kita akan menjadi dekat dan dapat bekerja sebagai sebuah tim," ujarnya.

BBC | ANGELINA ANJAR SAWITRI

#F1
#Mercedes Benz

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi