Inilah Kunci Sukses Daihatsu Cetak Rekor Penjualan
Reporter: Tempo.co
Editor: wawan priyanto
Minggu, 22 Januari 2017 15:08 WIB
Pengunjung mengambil gambar Daihatsu Sigra yang dipamerkan dalam acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di ICE BSD, Tangerang, 12 Agustus 2016. Daihatsu Sigra memiliki kapasitas tujuh penumpang untuk memenuhi kebutuhan pasar otomotif nasional di segmen MPV. TEMPO/Fajar Januarta

TEMPO.CO, Jakarta - Gorontalo - Penjualan mobil merek Daihatsu sepanjang 2016 naik 16 persen. PT Astra Daihatsu Motor, selaku agen pemegang merek asal Jepang ini, berhasil memasarkan 192.410 unit kendaraan. Di 2015, Daihatsu hanya menjual 166.567 unit mobil.

Angka ini bukan cuma jadi rekor terbesar Daihatsu sepanjang beroperasi di Indonesia. Pencapaian ini membuat ADM jadi APM Daihatsu dengan penjualan tertinggi di antara APM Daihatsu di negara lain, di luar Jepang.

Baca:Yuk, Daihatsu Luncurkan Program Perbaikan Mobil GratisLuncurkan Motor Baru Yamaha, Hanya Vinales yang ke Sentul

Lalu, apa kunci sukses itu? "Pertama, karena ada produk baru yakni Daihatsu Sigra," kata Direktur Marketing ADM Amelia Tjandra di Gorontalo, Sabtu, 21 Januari 2017. Dalam waktu lima bulan, Sigra berhasil terjual 24.642 unit atau berkontribusi 12,8 persen terhadap seluruh penjualan.

Kunci yang kedua, menurut Amelia, adalah strategi penjualan dengan fokus pada model populer. "Sejak awal 2016 saya minta tim fokus di Xenia dan Ayla." Kedua produk ini memang jualan Daihatsu terlaris dengan volume 48.591 unit dan 40.300 unit.

Simak:Sejarah Panjang 1 Juta Unit Mitsubishi Colt Diesel Optimistis Penjualan Membaik, Begini Langkah Nissan  

Daihatsu menyadari, sepanjang 2016 mereka tak seagresif merek lain dalam meluncurkan produk baru. Tercatat, Daihatsu hanya meluncurkan Sigra dan Hi Max, ditambah penyegaran Terios dan Sirion. "Makanya kami memilih mengejar volume lewat model yang terbukti disukai konsumen."

Strategi ini, kata dia, membuat penjualan Xenia meningkat kendati volume segmen MPV secara umum stagnan. Begitu juga di segmen Low Cost Green Car. "Kekhawatiran Sigra bakal mengkanibal pasar Ayla dan Xenia tidak terbukti."

Adapun Marketing and Customer Relation Head ADM Hendrayadi Lastiyoso menambahkan, keberadaan perusahaan pembiayaan menjadi faktor pendukung penjualan mobil secara kredit. "Hampir 80 persen penjualan kami memang dilakukan secara kredit."

Daihatsu kini menambah saluran pembiayaan dengan membuka Daihatsu Financial Service yang dikelola Toyota Financial Service. "Sehingga konsumen mendapat pilihan program pembiayaan lebih banyak."

PRAGA UTAMA (Gorontalo)

#Penjualan Mobil
#PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu
#Kabupaten Gorontalo

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi