Desain Mobil Legenda Suzuki Ada di Ignis
Reporter: Tempo.co
Editor: wawan priyanto
Selasa, 31 Januari 2017 08:37 WIB
Suzuki Ignis. Foto: Netcarshow.com

TEMPO.CO, Jakarta - Desain Ignis merupakan gabungan dari beberapa model legendaris Suzuki. Pilar C mengambil desain Suzuki Fronte Coupe (1971) yang dikenal sebagai mobil sport pertama yang dijual di Jepang seperti dikutip dari situs globalsuzuki.com.

Desain lampu utama juga diadopsi dari desain mini sport Suzuki Cervo. Untuk pilar A dan B berwarna hitam, Ignis mencomot milik Suzuki Swift. Di bagian depan, tepatnya di kap mesin, sisi kiri dan kanan (di atas fender) jelas milik Suzuki Vitara.

Baca:Klaim Suzuki, Konsumen Tak Sabar Menunggu Ignis Mitsubishi Siap Luncurkan XM Concept, Ini Jadwalnya

Mobil konsep Ignis pertama kali diperkenalkan di Geneva International Motor Show pada Maret 2015 dengan nama Suzuki iM-4. Versi produksi mulai muncul di gelaran Tokyo Motor Show pada Oktober 2015. Pada 21 Januari 2016, Ignis mulai dipasarkan di Jepang. India merupakan negara kedua yang memasarkan Ignis dengan Maruti Suzuki Ignis—tentu dengan spesifikasi yang disesuaikan dengan pasar India dan menggantikan Maruti Ritz.

Versi di India, Ignis dibekali mesin diesel 1,3 liter yang menghasilkan tenaga maksimum 75 bhp dan torsi maksimum 190 Nm. Ignis juga dibekali mesin bensin 1,2 liter K-series yang menghasilkan tenaga 82 bhp dan torsi 113 Nm. Suzuki menawarkan dua pilihan transmisi, yakni manual 5-percepatan dan otomatis 5-percepatan AMT.

Simak:Skutik Honda PCX Luncurkan Warna Baru Poseidon BlueDi Kawasan Cikarang Ini 40 Ribu Pajero Sport Diproduksi

Di Eropa, Inggris menjadi negara pertama yang merasakan Ignis. Di Negeri Ratu Elizabeth, Ignis dibekali mesin bensin berkapasitas 1,2 liter dan hibrida. Di Inggris, model ini dipasarkan dengan harga mulai Rp 170 jutaan.

Suzuki Ignis digadang-gadang akan segera masuk pasar Indonesia. Kemungkinan besar, mobil yang pernah dipamerkan di Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2016 ini akan dipasarkan pada kwartal I tahun ini. Suzuki sendiri diperkirakan akan meluncurkan Ertiga Hybrid bermesin diesel pada Februari mendatang.

Deputy Manager Director SIS, Setiawan Surya, kepada Tempo, Senin, 30 Januari 2017, mengatakan Suzuki Ignis diharapkan mampu menciptakan pasar baru yakni mini Sport Utility Vehicle (SUV) di Indonesia. “Banyak yang berharap mobil ini (Ignis) segera dipasarkan,” ujarnya.

Mobil ini, secara dimensi merupakan SUV kompak. Seukuran Suzuki Karimun Wagon R sekarang ini atau Fiat Uno di era 90an. Namun, desainnya jauh lebih garang dan khas SUV.

WAWAN PRIYANTO

#Penjualan Mobil
#Suzuki

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi