Begini Jukir.co Bantu Transparansi Transaksi Parkir
Reporter: Tempo.co
Editor: Saroh mutaya
Kamis, 2 Februari 2017 08:09 WIB
Juru parkir menggunakan smartphone yang terhubung dengan printer portable, disakunya saat penerapan sistem parkir elektronik di jalan dr. Rajiman Coyudan, Surkarta, Jawa Tengah, 9 Oktober 2015. Penerapan e-parking mobile on street yang diklaim baru pertama di Indonesia tersebut, menurut juru parkir tidak efektif. Karena ribet, tidak efisien, jaringan koneksi internet sering tidak terhubung, mesin printer portable bekerja terlalu lama sehingga banyak pelanggan parkir motor mengeluhkan lambannya pelayanan jukir karena pengoperasian alat baru tersebut. Bram Selo Agung/Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Jukir.co meluncurkan sistem aplikasi perparkiran berbasis teknologi yang memudahkan transaksi menuju era nontunai dan noncabang di Indonesia.

"Sudah saatnya parkir liar direvitalisasi secara bertahap agar para juru parkir liar dapat diperlakukan secara baik sekaligus menekan penyelewengan. Dengan kata lain perlu adanya perubahan sistem parkir liar kedalam sistem aplikasi berbasis tekhnologi," kata Pendiri Jukir.co Budi Hartono dalam siaran pers yang diterima pada Rabu, 1 Februari 2017.

Menurut Budi, aplikasi Jukir.co memiliki beberapa fitur pembayaran baik tunai maupun nontunai (uang elektronik) yang dilakukan oleh juru parkir dimanapun, kapanpun di lokasi parkir dan dimonitoring 24 Jam secara online dan real time (daring dan seketika).

Aplikasi ini, katanya, adalah pertama kali di dunia, mengingat pendapatan daerah dan keberadaan juru parkir liar dapat diintegrasikan kedalam satu sistem yang transparan.

"Dengan adanya aplikasi Jukir pemerintah daerah bisa dengan transparan melihat pendapatan parkir secara real time". Di sisi lain membuka peluang kerja para juru parkir liar untuk menjadi juru parkir profesional, sekaligus dapat mengoperasikan smartphone," katanya.

Aplikasi ini dibekali beberapa fitur seperti pemesanan parkir, pembayaran parkir, pembelian pulsa, tiket konser, tiket kapal, token listrik, transfer dan penarikan tunai, atau transaksi lainya secara online. Fitur Jukir juga memberikan keamanan, kenyamanan kendaraan karena dilindungi oleh asuransi.

Tidak hanya layanan parkir, Jukir.co juga menghadirkan beberapa layanan aplikasi yang diberi tajuk Ju Space yang akan menjawab kesulitan lahan parkir. Melalui layanan Ju Space, yang ingin menjadi mitra baik di perkantoran maupun perumahan Jukir dapat membantu pengelolaannya.

Fitur lainnya diberi tajuk Ju Buy yang menawarkan fasilitas "drive-thru" bagi toko pengecer dan restoran, sekaligus menangani pemesanan dan pembayaran sehingga pelanggan tidak perlu berputar-putar mencari parkir.

Sementara fitur Ju Valet dapat melakukan reservasi parkir dengan menggunakan aplikasi. Ju Valet siap berkerja dengan mitra atau perusahaan jasa valet yang tersebar di kota-kota besar Indonesia.

Fitur aplikasi juga menggendong Ju Park n Ride yang semua pengguna jasa parker dapat melakukan pemesanan dilokasi tempat parkir penitipan. 

Kendaraan mobil atau motor akan dilindungi oleh asuransi dan fasilitas lainnya seperti penitipan helm dan pencucian kendaraan. 

Jukir telah resmi beroperasi dan segera beroperasi di delapan kota besar di Indonesia, termasuk Jakarta, Bekasi, Tangerang Selatan, Tangerang, Bandung, Palembang dan Pangkal Pinang dengan rencana pengembangan di kota-kota lainnya pada tahun mendatang.

ANTARA

#Perparkiran

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi