Komponen Lokal New Mobilio Baru 85 Persen, Mengapa?
Reporter: Tempo.co
Editor: wawan priyanto
Kamis, 2 Februari 2017 17:26 WIB
New Honda Mobilio, Denpasar, 1 Januari 2017. TEMPO/Wawan Priyanto

TEMPO.CO, Denpasar - Kendaraan jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) Honda Mobilio lahir di Indonesia pada 2013. Mobil ini mengalami penyegaran pada 12 Januari 2017 dengan mana New Mobilio. Meski berlabel "made in Indonesia", kandungan lokal New Mobilio baru 85 persen.

Direktur Marketing dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy mengatakan beberapa komponen untuk New Mobilio saat ini belum bisa diproduksi di dalam negeri.

Meski demikian, lanjut dia, untuk mesin dan transmisi sudah dibuat di Indonesia. "Jadi bukan sekadar dirakit ya, tapi sudah dibuat di dalam negeri oleh anak perusahaan Honda Prospect Motor," ujar Jonfis di Jimbaran, Bali, Rabu, 1 Januari 2017.

Baca:New Honda Mobilio Diklaim Makin Nyaman, Ini KelebihannyaNew Suzuki Carry Pick Up Dijual Mulai Rp 120,75 Juta

Presiden Direktur HPM Tomoki Uchida sedikit memberikan penjelasan terkait sisa 15 persen konten yang belum dilokalkan pada New Mobilio, yakni terkait dengan elektrikal seperti ECU dan sistem kelistrikan lainnya. "Karena memang belum bisa dibuat di Indonesia. Jadi, kami datangkan dari Thailand atau Jepang," ujarnya.

Sejak diluncurkan pada 2014 hingga Desember 2016, sebanyak 161 ribu Mobilio sudah terjual. Tahun ini, Honda menargetkan penjualan retail New Mobilio sebesar 47.500. 

Simak:Tahun Baru, Honda Resmi Luncurkan New Honda MobilioIni yang Baru dari New Honda Mobilio

Saat ini, New Mobilio tipe paling murah adalah New Mobilio S manual yang dijual dengan harga Rp 189,5 juta. Lalu New Mobilio E (MT) Rp 210 juta dan Rp 223 juta (CVT). Sedangkan tipe paling mewah adalah New Mobilio RS yang dibanderol Rp 233 juta (MT) dan Rp 243,5 juta (CVT). 

WAWAN PRIYANTO

#Penjualan Mobil
#PT Honda Prospect Motor
#Jonfis Fandy
#Kota Denpasar

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi